multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Milih selingkuh atau punya TTM??


selingkuhMulti Info - Kita ngomongin yang santai dan agak mutu dulu deh ya… sebelum balik ke buku-buku yang rumit **menurut sebagian orang :-) ** OK.. mulai..
TTM?? Selingkuh?? Apa sih bedanya?
Hal ini terpikirkan saat kemarin seorang temen ku (cowok) yang lagi asyik liat cewek-mahasiswa- yang jelas cantik-cantik.. ngasih statement. Begini nih :
Aku : “sono gih cari pacar?? Cantik-cantik tuh..”
Trs dia bilang : “ga ah… pacaran ga asyik, mending TTM an ajah” .
Langsung deh aku berpikir, apa sih enak nya TTM an?? Emang bedanya dengan selingkuh apah?
Setelah cari responden langsung yang bisa ditanya-tanya, akhirnya dapat satu opini. TTMatau Teman tapi Mesra itu sama dengan HTS atau Hubungan tanpa Status yaitu suatu hubungan pertemanan yang deket namun tanpa ada status yang jelas. Terserah masing-masing mau jalan ke arah mana.. yang pasti disaat mau deket atau mau mesra-mesra an ya ayooo… ga ada perasaan yang “bermain”… Sedangkan selingkuh lebih dalam artian negatif, dimana salah satu atau dua-duanya dari pasangan selingkuh itu punya pacar atau suami/istri kemudian menjalin hubungan dengan orang lain dengan maksud yang beragam.
OK sekarang kita bahas satu-satu berdasarkan sumber bacaan yang dah kubaca..
Pertama tentang TTM…
Menurut kompas, istilah teman tapi mesra terdengar manis dan memang hip banget. Istilah ini dipakai untuk menyebut orang-orang yang enggak bisa kita jadikan pacar. Ada banyak macam alasan kenapa akhirnya seseorang bersedia jadi TTM . Tapi, alasan utama adalah karena terbentur keadaan, karena cewek atau cowok yang dipengen ternyata sudah memiliki pacar dan enggak bisa meninggalkan pacarnya juga. Akhirnya, mau enggak mau, jadi TTM pun menjadi pilihan. Setelah berhasil mendapatkan gelar TTM, ternyata mulai banyak keluh kesah yang muncul/harus dihadapi, yaitu 1) perasaan parno kalau-kalau hubungan perselingkuhan ini ketahuan sama si pacar asli. 2) **yang suka bikin para TTM sebal** aturan main enggak tertulis yang melarang seorang TTM untuk cemburu! Memang bikin bete, bagi cewe terutama, tapi hal ini harus dituruti karena enggak ada status yang pasti di antara TTM dan pasangannya. 3) perasaan serba salah yang lumayan besar karena sudah mengganggu hubungan orang lain. Saat kita pengen lebih, kita malah mentok dan enggak bisa mendapatkan yang kita mau. Jadi TTM punya risiko bakal mengalami ending yang lumayan bisa ditebak dan menyakitkan.
Berdasarkan polling 25 orang menurut situs Pollwizard.com, tentang Pernah punya Teman tapi Mesra???
Penah              22 orang
Tidak Pernah 3 orang
Gimana kalau kekasih kita punya TTM, polling dr hanyawanita.com terhadap 8 orang responden, apa tindakan kita???
Putus deh                                     37% [ 3 ]
Labrak dong si TTM                   25% [ 2 ]
Balas dengan tindakan serupa   37% [ 3 ]
Duh, saya kurang apa sih? Teganya! (merana sendiri) 0% [ 0 ]
Berdasarkan OSDir.com tentang 10 aturan main dalam TTM :
1. JUST FOR FUN
Buang jauh-jauh khayalan romantis dengan si dia . Soalnya rugi banget kalo belum apa-apa udah berharap yg muluk-muluk, ujung-ujungnya bisa jadi makan hati
2. SIAP-SIAP DIGOSIPIN
Namanya juga hubungan yang ga resmi, tentu aja bakal banyak yang ngomongin, so siap-siap deh..
3.CEMBURU? NO WAY !
Lagi-lagi.. karena emang ga ada status jelas… cuman temen… Jangan beri kesempatan rasa cemburu menguasai hati dan pikiran. Dia mo deket ama gebetannya kek ato mo jadian sekalipun, ga perlu sakit hati. Toh kita juga bisa pergi dengan siapa dan kapan saja kita mau. Emang sich, yg namanya TTM pasti ada rasa sayang dan peluang buat cemburu gede banget, apalagi klo dah lama TTm an nya…
4.TETEP LIRIK-LIRIK YANG LAEN, DONG!!!!
Biar punya TTM jangan sampai melupakan tujuan untuk “HUNTING”. Karena, secara nyatanya kita masih JOMBLO kan….Artinya , usaha cari pasangan sebenarnya tetap harus mesti jalan terus. Buka pintu hati seluas-luasnya buat cinta laen yg bakal mampir.
5. HAPPY BEING SINGLE
Pastikan, saat memutuskan hanya TTM-an, kita sedang tidak ada masalah dengan status men jomblo. Jadikan TTM sebagai kesempatan untuk mengenal lawan jenis saja, bukan untuk menjadi komitmen. Pastikan dia jg tau soal ini, supaya nggak saling melemparkan janji-janji palsu.
6. JANGAN TERLALU BERHARAP, DECH!!
Berharap boleh tapi jangan berlebihan.. Jodoh ditangan Tuhan.. ya kan….
7. HINDARI JANJI PALSU !
Janji berarti memberikan harapan. Makanya hindarilah saling memberi janji, apalagi tau kalo itu nggak mungkin terwujud
8.KADO-KADO NETRAL
Si dia ulang tahun, boleh jg kasih kado tapi pilih yang “netral”. Jangan yang berlebihan dan menimbulkan kesan ”ada something”
9. ATURAN FISIK
Sebaiknya aturan ini ditegaskan dari awal karena cukup sensitif lho. Paling aman hindari semua sentuhan fisik yang sengaja memberi rasa nyaman. Jangan sampai pegangan tangan terus merembet ke ciuman, waduh…nanti dulu dah…..!!!!
10. TAHU KAPAN HARUS BERHENTI
Jika perasaan udah nggak “normal” lagi, bilang terus terang dan tanyajuga perasaannya. Jika ternyata si dia biasa-biasa aja, itu berarti udah saatnya masa TTM-an diakhiri.
Next, Selingkuh….
Sejak awal kita pacaran, niatnya, ya, sama satu orang itu saja. Di perjalanan, tiba-tiba kita ketemu sama orang lain. Seseorang yang lama-kelamaan semakin dekat dengan kita. Tapi kedekatan ini senantiasa kita sembunyikan dari pacar. Lalu akhirnya terjadilah… perselingkuhan.
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia Edisi kedua tahun 1991, selingkuh adalah tidak berterus terang; tidak jujur; suka menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan sendiri; curang; serong.
Selingkuh, ngeduain, cinta segi tiga… or whatever-lah. Sebenarnya apa sih, artinya? “Selingkuh itu (ketika) orang melakukan suatu tindakan yang tidak sesuai dengan komitmennya,” (menurut psikolog Zainoel B Biran atau Pa Noel)
Dalam sebuah riset yang dilakukan psikolog Drigotas SM dan koleganya di Journal of Personality and Social Psychology tahun 1999, selingkuh disebut sebagai dating infidelity. Istilah ini mengacu pada adanya perasaan bahwa pasangan telah melanggar norma dalam pacaran, yang berkaitan dengan interaksi terhadap orang lain dan diikuti timbulnya kecemburuan dan persaingan.
Selingkuh itu sendiri juga dibagi dua: selingkuh fisik dan emosional. Selingkuh fisik artinya kita melakukan kontak fisik dengan lawan jenis, seperti pelukan dan ciuman sama orang yang bukan pacar kita. Sedangkan selingkuh emosional lebih berupa perasaan kita terhadap orang lain yang bukan pacar.
Batasan seberapa jauh seseorang bisa disebut berselingkuh itu pun macam-macam dan sangat relatif. Dalam majalah Psychology Today terbitan Desember 2000, menurut teori evolusi psikologi zaman dulu, cowok akan lebih kecewa kalau pasangannya melakukan selingkuh fisik. Soalnya, cowok enggak akan terima harus membesarkan dan membiayai anak hasil perselingkuhan istrinya. Sementara cewek bakal lebih sebal kalau pasangannya melakukan selingkuh emosional. Sebab, cewek pingin pasangannya ada di sampingnya untuk membantunya membesarkan keturunan.
Tapi teori ini diragukan oleh hasil eksperimen yang dilakukan Christine R Harris, profesor psikologi dari Universitas California, San Diego, tahun 2000. Reaksi seseorang terhadap bentuk selingkuh itu bergantung pada pengalaman hidupnya, bukan pada jenis kelaminnya.
Alasan selingkuh ada beberapa hal :
1. Kecenderungan mencari tempat curhat. Dengan alasan ama pacar belom tentu bisa curhat yang bebas
2. Kebosanan. Kita bosan karena sudah berbulan-bulan stuck sama satu orang ini saja. (cowok yang biasanya bilang ini..)
3. Mencari kesenangan dan petualangan baru.
4. Keadaan hubungan itu sendiri. . Kalau tiap hari kita berantem terus sama pacar, ya… lama-lama ilfil juga. Apalagi kalau berantemnya soal kebiasaan pacar yang cemburuan plus posesif… Bete dech…..
Ada penelitian terbaru di Inggris yang bilang faktor genetis memengaruhi kecenderungan kita berselingkuh. Dari penelitian yang melibatkan 1.600 cewek kembar disimpulkan bahwa 30-40 persen perselingkuhan disebabkan faktor genetis alias keturunan-walaupun ada faktor lain yang berpengaruh, seperti kualitas hubungan dan kesempatan berselingkuh. Meskipun riset tersebut dilakukan pada cewek saja, ilmuwan-ilmuwan yang terlibat percaya ini juga berlaku buat para cowok. Ayo… mulai cek silsilah keluarga….
Namun, hati-hati bagi kalian-kalian yang berselingkuh melalui dunia maya, berdasarkan pengalaman Sana Klaric (27) dan suaminya Adnan (32) dari kota Zenica, Bosnia, yang diberitakan detikinet.com, mereka melakukan selingkuh didunia maya dengan nama yang dipalsukan… saat kopdar ternyata si cowo dan si cewe adalah suami istri. Sakit hati pastinya. Mereka pun saling menggugat cerai karena menganggap pasangannya tidak setia. Padahal dipikir2 mereka berdua kan salah…. tapi ya begitulah kenyataannya…
Namun lagu-lagu dari para artis Indonesia sekarang banyak yang bertema selingkuh/TTM seperti selingkuh sekali saja, she; selingkuh, kangen band; Selingkuh (Live Version, ft Hedy Yunus); Aneh juga… mungkin lagi trend kali yah…
Intinya selingkuh dan TTM adalah sama ajah. So friends… hati-hati yah… amannya jangan TTM an atau selingkuhan deh…. BERBAHAYA….

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive