multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Planet Yang Terindah Di Angkasa

Nebula planet sisa katastrof bintang tetap sudah pasti merupakan planet yang paling indah di angkasa, namun mereka masih sangat misterius. Meskipun banyak sekali gas-debu nebula memisahkan bumi lebih dekat dan lagi pula telah diselidiki dengan cermat, namun mereka tetap membuat para astronom merasa bingung.

Yang terutama dibicarakan di sini adalah nebula abnormal yang jarang terjadi, mereka dipanaskan dengan pemanasan yang paling kuat, dan di saat bersamaan mereka juga mengandung ion yang sangat banyak, meskipun kehilangan satu atau beberapa atom elektro. Kekuatan pancarannya (mungkin saling berbenturan dengan partikel energi tinggi) tergantung pada masuknya jumlah atom dalam proses ini dan jumlah elektro yang hilang. Energi tinggi "angin" "meniup menyebarkan" gelembung gas khusus materiil sekelilingnya, beberapa gelembung di antaranya yang terekam dalam foto menampakkan cahaya warna yang berbeda-beda.


  
Namun, apakah sumber eksitasi atom seperti ini? Mungkin adalah bintang muda yang berenergi tinggi, atau planet ganjil yang bersembunyi di bagian dalam nebula. Lalu bagaimanakah planet-planet ganjil ini masuk dalam gambar kontemporer angkasa yang berkembang? Dipasang pada sebuah teleskop raksasa di Observatorium Eropa Selatan (ESO) di Cile, dan belakangan ini telah melakukan pengamatan terbaru secara besar-besaran terhadap nebula-nebula ganjil ini, saat dipasang di Belgia, Kota Lie Re. Sebuah tim astronom dari lembaga penelitian astrofisika dan geofisika menemukan 4 buah Magellanic Cloud yang mengandung ionisasi yang tinggi. Dua Magellanic Cloud yang besar dan kecil menjadi bintang pengiring yang paling dekat dengan bima sakti. Mereka memisahkan bumi kira-kira beberapa puluh ribu tahun cahaya (lihat gambar 1-4).
Dalam tiga gambar nebula itu, astronom Belgia berhasil membedakan sumber penyinaran energi tinggi, sinar ultraviolet dan lain-lain: pemanasan yang paling kuat, bintang tetap yang paling maharaksasa, lagi pula beberapa di antaranya adalah bintang ganda: bintang Altair dan bintang Vega. Ini mungkin adalah bintang-bintang WR-Wolf-Rayet, yang terangnya melampaui terang Matahari 1-10 juta kali lipat, namun mereka hanya bisa menyala beberapa juta tahun, bukan beberapa miliar tahun, sama seperti bintang kecil yang "telah mati", materiilnya melebihi materiil bintang sejenis 20 kali lipat, dan suhu permukaan melampaui 900 ribu derajat. Pada gambar ke-4 dalam foto, astronom Belgia tidak berhasil membedakan sumber penyinaran energi tinggi

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive