multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Terima Gaji Selama 9 Tahun Tanpa Pernah Masuk Kantor !

Seorang pejabat pemerintah daerah di Cina dilaporkan menerima gaji selama 9 tahun tanpa pernah datang ke kantor tempat dia bekerja.


Pria itu bekerja untuk lembaga yang memantau pembangunan perkotaan di Longyan, sebuah kota di Provinsi Fujian, di kawasan Cina tenggara. Setelah lulus seleksi pegawai negeri, dia ditempatkan di lembaga itu.



Meski dia menerima gaji penuh plus tunjangan pegawai, dia tidak pernah masuk kerja. Beberapa koran Cina kini menyebut Jiang Jinxiang sebagai pegawai negeri paling arogan dalam sejarah Cina.


Banyak warga Cina memandang jajaran pegawai negeri sipil sangat tidak efisien dan terlalu banyak. Persaingan untuk bisa masuk ke jajaran pegawai negeri sipil di Cina sangat ketat akibat angka pengangguran yang tinggi di kalangan lulusan perguruan tinggi.


Meski gaji pegawai negeri di Cina relatif rendah, tapi jaminan kerja dan tunjangan kesejahteraan membuatnya pilihan karir yang menggiurkan.


Kasus ini mulai terungkap oleh kalangan pengguna internet, sebelum kemudian dikukuhkan oleh pemerintah kota.


Wartawan BBC di Beijing Martin Patience melaporkan bahwa kasus ini merupakan contoh praktik korupsi di jajaran pemerintah daerah di Cina dan juga pengaruh aktivis internet yang semakin kuat.


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive