multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Cara Menghindari Macet Di Jalan Raya !


Macet merupakan santapan sehari-hari bagi penduduk kota besar yang memiliki mobilitas dalam menjalani aktivitas hidup. Kota Jakarta misalnya setiap pagi dan sore hari jalanannya dipadati oleh berbagai kendaraan bermotor seperti bajaj, bis kota, angkot, mobil pribadi, sepeda motor, truk, dan lain sebagainya. Agar tidak terkena macet di jalan raya, anda bisa melakukan beberapa hal berikut di bawah ini :


1. Berangkat Lebih Awal dan Pulang Telat


Jika anda berangkat ke kantor pagi-pagi sekali seperti jam 4 atau jam 5 pagi maka anda akan menemukan jalan yang sepi dan sunyi ditinggal tidur para pemakainya. Begitu pula jika anda pulang ke kantor pukul 10 atau 11 malam anda juga mungkin akan mendapatkan jalan yang lowong sehingga akan lebih cepat sampai di tempat yang dituju.



2. Ke Mana-Mana Menggunakan Sepeda Motor


Banyak orang yang beralih kembali menggunakan sepeda motor dari awalnya membawa mobil setelah menyadari besarnya biaya-biaya yang kita tanggung. Selain itu dengan sepeda motor kita bisa menyalip dengan mudah kendaraan-kendaraan besar yang ada di depan kita pada saat macet. Daripada menghabiskan waktu berjam-jam di jalanan hanya untuk antri jalan lebih baik pakai motor saja yang bisa nyelip-nyelip di antara mobil.


3. Mempelajari Medan Jalan dan Melawan Arus


Pilih jalan-jalan yang lancar dengan melakukan survey terlebih dulu pada banyak jalan, lalu pilih mana yang paling enak bagi kita untuk melewati jalannya. Biasanya kalau rumah kita di tengah kota dan kerja, sekolah, kuliah, bisnis atau punya hajat di pinggiran kota kita akan mengalami melawan arus lalu-lintas di mana jalanan arah kita pergi tidak macet, namun jalanan arah lawan sangat macet atau padat.


4. Pindah Tempat Tinggal Mendekati Tempat Tujuan


Daripada pusing-pusing lebih baik kita pindahkan saja rumah kita dari yang tadinya jauh dari kantor, sekolah, kampus, tempat bisnis, dan lain-lain menjadi lebih dekat. Dengan begitu apabila kita bisa mendapatkan tempat tinggal yang lebih dekat dengan tempat biasa kita melakukan aktivitas harian, maka kita mungkin hanya butuh jalan-kaki atau naik sepeda kayuh ke tempat tujuan.


5. Naik Kendaraan Umum Bebas Hambatan


Ada banyak alternatif pilihan alat transportasi yang dapat digunakan selain menggunakan kendaraan umum biasa atau kendaraan pribadi biasa, namun memiliki kelebihan bebas macet. Contohnya seperti kereta api krl, busway, subway, monorail dan lain sebagainya.


Jika ada teman-teman yang mau menambahkan solusi anti macet dipersilahkan menambahkan melalui fitur komentar di bawah ini. Semoga artikel tulisan yang sederhana ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Semoga kita bisa terhindar dari kemacetan yang menguras waktu, tenaga, biaya dan perasaan.


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive