multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

101 Cara Belajar Siswa aktif

Summary:sukarto
Buku ini merangkum kumpulan dari strategi pengajaran secara lengkap dalam satu sumber.Kumpulan ini mencakup cara-cara untuk menjadikan siswa aktif sejak awal melalui kegiatan-kegiatan yang membangun kerja tim dan mendorong mereka untuk lebih memikirkan pelajaran.

Ada pula teknik untuk melaksanakan kegiatan belajar dalam satu kelas penuh dan debat, mempraktikkan ketrampilan,mengajukan pertanyaan, dan bahkan mendorong siswa untuk mengajar satu sama lain.Terakhir ada metode untuk meninjau kembali apa yang telah dipelajari, yang menilai bagaimana perubahan pada seorang siswa, dan membahas langkah selanjutnya agar proses belajar tetap berlangsung.

Dengan diawali bab “memperkenalkan belajar aktif “ dijelaskan pula tentang bagaimana pemahaman kita tentang cara kerja pikiran ketika diperlukan pendekatan aktif terhadap pengajaran kelas. Pada bagian selanjutnya dibahas tentang gaya belajar siswa,sisi social pembelajaran,dan persoalan umum yang dihadapi guru dalam menerapkan belajar aktif.

Di bagian akhir,dikemukakan cara mengajak anda untuk menata dan memvasilitasi belajar aktif.Disertakan pula cara-cara membentuk kelompok,mendapatkan partisipasi,menyusun tata letak kelas, memfasilitasi diskusi, dan masih banyak lagi.

101 teknik yang dijelaskan dalam buku ini merupakan strategi konkrit yang memungkinkan kita untuk menerapkan cara belajar aktif pada mata pelajaran yang kita ajarkan..Teknik-teknik tersebut dibagi menjadi tiga bagian yakni : bagaimana membantu siswa mendapatkan pengetahuan,ketrampilan, dan sikap secara aktif., bagimana menjadikan belajar tak terlupakan.

Pada umumnya buku ini ditujukan kepada semua orang, terutama kepada para guru baik yang sudah berpengalaman maupun pemula, yang mengajarkan informasi,konsep,dan ketrampilan teknis maupun non teknis.

Engingat demikian banyak manfaat yang ditawarkan, selayaknya bagi setiap orang lebih-lebih para pendidik tidak berlebihan apabila mempelajari dan berusaha menerapkannya dalam praktik pembelajaran.



101 Cara Belajar Siswa aktif Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2013541-101-cara-belajar-siswa-aktif/

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive