multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Dari Pemain Film Menjadi Orang Nomor Satu !


Foto : Lech Kaczynski

Tidak ada yang bisa dilakukan warga Polandia selain mengenang sang Presiden, Lech Kaczynski. Presiden berusia 60 tahun ini adalah sosok yang paling berpengaruh di Polandia.

Dia dikenang sebagai presiden yang nasionalis. Kaczynski selalu bertutur dalam gaya bicara yang lugas dan tegas. Kaczynski lahir di Warsawa, 18 Juni 1949. Ayahnya Rajmund adalah sarjana teknik, sedangkan ibunya Jadwiga berprofesi sebagai ahli bahasa di Polish Academy of Sciences.

Dia menikah dengan Maria yang juga menjadi korban dalam tragedi jatuhnya pesawat kepresidenan kemarin. Mereka dikaruniai satu putri, Marta, yang lahir pada 1980.


Kaczynski memiliki saudara kembar, Jaroslaw. Seperti Kaczynski, Jaroslaw juga berpartisipasi dalam partai politik Polandia. Beberapa tahun lalu, keduanya dituding sebagai otak di balik upaya untuk menggagalkan program Pemerintah Polandia.

Sebelum terpilih menjadi Presiden Polandia, Kaczynski menjabat sebagai Wali Kota Warsawa selama tiga tahun. Walaupun mendapat tudingan dan sentimen miring, nyatanya Kaczynski tetap maju sebagai kandidat Presiden Polandia.


Oktober 2005 menjadi bulan yang membahagiakan untuk Kaczynski. Saat itu, dia terpilih menjadi Presiden Polandia. Jabatan Kaczynski itu pula yang telah mengantarkan saudara kembarnya, Jaroslaw, menjadi Perdana Menteri Polandia.

Siapa sangka, ternyata dua saudara kembar yang terpaut usia 45 menit ini pernah bermain dalam film. Saat itu usia mereka menginjak 12 tahun. Seorang produser film terpikat kepada dua saudara kembar ini.


Dia lantas meminta izin kepada orang tua Kaczynski untuk “meminjam”putra kembarnya. Kaczynski dan Jaroslaw akhirnya menjadi bintang cilik. Mereka bermain dalam film berjudul The Little Hoodlums Who Tried to Steal the Moon. Kaczynski dan Jaroslaw seperti tidak pernah terpisah. Di mana ada Kaczynski, di situ pula ada Jaroslaw. Keduanya memiliki banyak persamaan.

Mereka mempunyai minat dan ketertarikan yang serupa. Kaczynski dan Jaroslaw sama-sama mengambil kuliah jurusan hukum di University of Warsaw, Polandia. Pada 1980, Kaczynski meraih gelar PhD dari Gdansk University. Kaczynski dan Jaroslaw sempat bergabung dalam partai oposisi antikomunis Polandia.Dalam suatu wawancara, Kaczynski mengaku sangat mengagumi Jaroslaw.

“Dia selalu ada di belakang saya. Dia selalu mendukung dan menjaga saya,” ucapnya tentang Jaroslaw. Kaczynski adalah Presiden Polandia yang berhasil menciptakan hubungan baik dengan Amerika Serikat (AS). Dia berdiri di depan untuk mendukung program AS, yaitu pembangunan sistem pertahanan misil di atas tanah Polandia. Namun sepak terjang Kaczynski harus berakhir karena pesawat tua jenis Tupolev Tu-154 yang membawanya terjatuh.

Berdasarkan data Wikipedia, pesawat buatan Rusia tersebut terbang perdana pada tanggal 4 Oktober 1968 dan produksi pertama mulai memperkuat armada Aerofolt pada awal 1971. Namun, penerbangan komersialnya dimulai Februari 1972. Lini produksi Tu-154 sudah ditutup tahun 2006. Pesawat Tu-154 cukup populer dan banyak digunakan untuk rute domestik di Rusia dan sebagian negara bagian di bekas Uni Soviet, Eropa Timur, dan Iran.

Selain versi komersial, ada juga versi militer pesawat ini yang umumnya digunakan sebagai pesawat transpor VIP. Oleh NATO, pesawat bermesin tiga yang diperbandingkan dengan Boeing 727 diberi Careless. Tu-154 sendiri dirancang untuk menggantikan pesawat penumpang Tupolev Tu-104, Antonov An- 10, dan Ilyushin Il-18 dengan kemampuan untuk lepas landas atau mendarat di landasan batu ataupun tanah, terbang di atas ketinggian rata-rata pesawat-pesawat Rusia lainnya serta memiliki kemampuan lepas landas yang baik.

Sumber - Seputar-indonesia

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive