multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

RPP SENI BUDAYA KELAS VII SEMESTER GENAP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Seni Rupa )

Jenjang : Sekolah Menengah Pertama

Kelas / Semester : VII ( Tujuh )/ Genap

Alokasi Waktu : 6Jam Pelajaran ( 2 kali pertemuan dan 1 kali Ulangan Harian )



A. Standar Kompetensi

Mengapresiasikankarya seni rupa

B. Kompetensi Dasar

Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat

C. I n d i k a t o r

Mendiskripsikan cara pembuatan karya seni rupa terapan daerah setempat

Mendiskripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat berdasar social budaya dan klasifikasinya .

D. Tujuan Pembelajaran Khusus

Siswa mampu :

1. menyebutkan macam – macam, unsur – unsur ,ciri-ciri khusus dan tehnik pembuatannya

2. menyebutkan fungsi dan makna dari karya seni rupa daerah setempat berdasar sosial budaya dan klasifikasinya

3. membuat laporan tertulis tentang tanggapan karya seni rupa daerah setempat

E. Materi Pokok

Macam - macam jenis karya seni rupa terapan daerah setempat .

Fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan daerah setempat

F. Metode Pembelajaran

1. Tanya Jawab

2. Ceramah

3. Diskusi

4. Pemberian tugas

G. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

Pendahuluan ( 10 menit )

Guru bertanya tentang persiapan siswa dalam pembelajaran saat itu, guru memberi kesempatan siswa untuk mempersiapkan bahan dan alat pelajaran

Kegiatan Inti ( 60 menit )

a. Guru menjelaskan jenis-jenis karya seni rupa terapan daerah setempat

b Guru menunjukkan gambar-gambar karya seni rupa terapan daerah setempat

c. Guru menjelaskan pengertian seni rupa terapan daerah setempat

d. Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya tentang ragam seni rupa terapan daerah setempat

Penutup ( 10 menit )

  1. Guru mengakhiri kegiatan dengan memberi komentar tentang kegiatan pembelajaran saat itu, membuka kesempatan bertanya tentang kesulitan yang dialami
  2. Memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping seni rupa terapan daerah setempat

H. Media / Sumber Pembelajaran

  1. Lingkungan
  2. Buku ajar Seni Budaya Kelas VII
  3. Buku-buku sumber
  4. Media cetak
  5. Interaksi dengan guru
  6. Alat dan bahan praktek

I. Penilaian

  1. Jenis Tagihan : Tes dan Non Tes

  1. Teknik : Tes Harian

Proses dan Produk

c. Bentuk Instrumen : Pertanyaan Lisan

Pertanyaan tertulis

Rubrik

Mengetahui Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Kepala SMP Negeri 1 Duduksampeyan Guru Mata Pelajaran

Drs. Lamidin , M.Pd. Rochman Hakim, S.Pd.

NIP. 131 784 880 NIP. 131 766 150

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Seni Rupa )

Jenjang : Sekolah Menengah Pertama

Kelas / Semester : VII ( Tujuh )/ Genap

Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran (3 kali pertemuan dan 1 kali Ulangan Harian )



A. Standar Kompetensi

Mengapresiasikan karya seni rupa

B. Kompetensi Dasar

Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat .

C. I n d i k a t o r

Mengidentifikasikan ciri-ciri khusus pada bentuk karya seni rupa terapan daerah setempat .

Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan gagasan dan tehnik karya seni rupa terapan daerah setempat .

D. Tujuan Pembelajaran Khusus

Siswa mampu :

1. menyebutkan ciri-ciri khusus pada bentuk karya seni rupa terapan daerah setempat

2. menyebutkan bentuk karya seni rupa terapan daerah setempat

2. Membuat tanggapan tetulis tentang keunikan gagasan dan tehnik karya seni rupa terapan daerah setempat .

E. Materi Pokok

Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat , meliputi : pengertian , jenis-jenis ,ciri-ciri,dan

Sebagainya.

F. Metode Pembelajaran

1. Tanya Jawab

2. Ceramah

3. Diskusi

4. Pemberian tugas

G. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

Pendahuluan ( 10 menit )

Guru bertanya tentang persiapan siswa dalam pembelajaran saat itu, guru memberi kesempatan siswa untuk mempersiapkan bahan dan alat pelajaran

Kegiatan Inti ( 60 menit )

a. Guru menjelaskan jenis karya seni rupa terapan daerah setempat

b Guru menunjukkan gambar-gambar bentuk karya seni rupa terapan daerah setempat

c. Guru menjelaskan fungsi dan makna karya seni rupa daerah setempat

d. Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya tentang makna karya seni rupa terapan daerah setempat .

Penutup ( 10 menit )

a. Guru mengakhiri kegiatan dengan memberi komentar tentang kegiatan pembelajaran saat itu, membuka kesempatan bertanya tentang kesulitan yang dialami

b. Memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping seni rupa terapan daerah setempat

H. Media / Sumber Pembelajaran

a. Lingkungan

b. Buku ajar Seni Budaya Kelas VII

c. Buku-buku sumber

d. Media cetak

e. Interaksi dengan guru

f. Alat dan bahan praktek

I. Penilaian

a. Jenis Tagihan : Tes dan Non Tes

b. Teknik : Tes Harian

Proses dan Produk

c. Bentuk Instrumen : Pertanyaan Lisan

Pertanyaan tertulis

Rubrik

Mengetahui Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Kepala SMP Negeri 1 Duduksampeyan Guru Mata Pelajaran

Drs. Lamidin , M.Pd. Rochman Hakim, S.Pd.

NIP. 131 784 880 NIP. 131 766 150

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Seni Rupa )

Jenjang : Sekolah Menengah Pertama

Kelas / Semester : VII ( Tujuh ) /Genap

Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran ( 3 kali pertemuan dan 1 kali Ulangan Harian )



A. Standar Kompetensi

Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

B. Kompetensi Dasar

Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat

C. I n d i k a t o r

Membuat sketsa gambar seni rupa terapan tiga dimensi .

Menggambar bentuk seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat .

D. Tujuan Pembelajaran Khusus

Siswa mampu :

1. menyebutkan pengertian karya seni rupa terapan tiga dimensi .

2. menyebutkan bentuk hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat

E. Materi Pokok

Pengertian , tehnik menggambar bentuk ( tehnik arsir, komposisi, gelap terang ) . penggunaan media

dalam menggambar bentuk karya seni rupa daerah setempat .

F. Metode Pembelajaran

5. Tanya Jawab

6. Ceramah

7. Diskusi

8. Pemberian tugas

G. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

Pendahuluan ( 10 menit )

Guru bertanya tentang persiapan siswa dalam pembelajaran saat itu, guru memberi kesempatan siswa untuk mempersiapkan bahan dan alat pelajaran

Kegiatan Inti ( 60 menit )

a. Guru menjelaskan pengertian sketsa gambar seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat

b Guru menunjukkan gambar-gambar karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat

c. Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya tentang pengertian gambar seni rupa terapan tiga

dimensi daerah setempat

Penutup ( 10 menit )

a. Guru mengakhiri kegiatan dengan memberi komentar tentang kegiatan pembelajaran saat itu, membuka kesempatan bertanya tentang kesulitan yang dialami

b. Memberikan tugas pada siswa untuk membuat gambar bentuk seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat.

Media / Sumber Pembelajaran

a. Lingkungan

b. Buku ajar Seni Budaya Kelas VII

c. Buku-buku sumber

d. Media cetak

e. Interaksi dengan guru

f. Alat dan bahan

I. Penilaian

a. Jenis Tagihan : Tes dan Non Tes

c. Teknik : Tes Harian

Proses dan Produk

d. Bentuk Instrumen : Pertanyaan Lisan

Pertanyaan tertulis

Rubrik

Mengetahui Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Kepala SMP Negeri 1 Duduksampeyan Guru Mata Pelajaran

Drs. Lamidin , M.Pd. Rochman Hakim, S.Pd.

NIP. 131 784 880 NIP. 131 766 150

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Seni Rupa )

Jenjang : Sekolah Menengah Pertama

Kelas / Semester : VII / Genap

Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran (3 kali pertemuan dan 1 kali Ulangan Harian )



A. Standar Kompetensi

Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

B. Kompetensi Dasar

Membuat karya seni kriya dengan tehnik dan corak daerah setempat

C. I n d i k a t o r

Membentuk benda fungsional berdasarkan hasil karya seni kriya dengan tehnik dan corak daerah setempat

D. Tujuan Pembelajaran Khusus

Siswa mampu :

1. Membuat karya seni kriya dengan tehnik dan corak daerahmu .

2. Membuat desain benda hias dengan tehnik dan corak daerah setempat .

E. Materi Pokok

Pengetahuan tehnik pembuatan karya seni kriya .

Corak ragam hias daerah setempat

F. Metode Pembelajaran

1. Tanya Jawab

2. Ceramah

3. Diskusi

4. Pemberian tugas

G. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

Pendahuluan ( 10 menit )

Guru bertanya tentang persiapan siswa dalam pembelajaran saat itu, guru memberi kesempatan siswa untuk mempersiapkan bahan dan alat pelajaran

Kegiatan Inti ( 60 menit )

a. Guru menjelaskan tentang karya seni kriya daerah setempat

b Guru menunjukkan gambar-gambarseni kriya daerah setempat

c. Guru menjelaskan tentang desain benda hias dengan tehnik dan corak daerah setempat

d. Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya tentang benda pakai dan benda hias dengan

tehnik dan corak daerah setempat .

Penutup ( 10 menit )

a. Guru mengakhiri kegiatan dengan memberi komentar tentang kegiatan pembelajaran saat itu, membuka kesempatan bertanya tentang kesulitan yang dialami

b. Memberikan tugas pada siswa untuk membuat desain seni kriya dan benda hias dengan tehnik dan corak daerah setempat .

H. Media / Sumber Pembelajaran

a. Lingkungan

b. Buku ajar Seni Budaya Kelas VIII

c. Buku-buku sumber

d. Media cetak

e. Interaksi dengan guru

f. Alat dan bahan praktek

I. Penilaian

a. Jenis Tagihan : Tes dan Non Tes

b. Teknik : Tes Harian

Proses dan Produk

c. Bentuk Instrumen : Pertanyaan Lisan

Pertanyaan tertulis

Rubrik

Mengetahui Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Kepala SMP Negeri 1 Duduksampeyan Guru Mata Pelajaran

Drs. Lamidin , M.Pd. Rochman Hakim, S.Pd.

NIP. 131 784 880 NIP. 131 766 150

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN +

Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Seni Rupa )

Jenjang : Sekolah menengah Pertama

Kelas / Semester : VII / Genap

Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran ( 3 kali pertemuan dan 1 kali Ulangan Harian )



A. Standar Kompetensi

Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

B. Kompetensi Dasar

Mnyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah .

Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah

C. I n d i k a t o r

Merancang pameran pameran karyaseni rupa ( dua dimensional dan tiga dimensional ) buatan sendiri di kelas erancang pameran pameran karyaseni rupa ( dua dimensional dan tiga dimensional ) buatan sendiri di kelas .

Melaksanakan pameran karya seni rupadua dan tiga dimensi buatan sendiri maupun orang lain di kelas atau di sekolah

D. Tujuan Pembelajaran Khusus

Siswa mampu :

1. Membuat rancangan pameran meliputi jadwal , tempat , perlengkapan dan jumlah karya .

2. Memamerkan hasil karya seni di kelas atau di sekolah

F. Materi Pokok

Pameran dan kreasi karya seni rupa daerah setempat , meliputi : tujuan , membentuk panitia , waktu ,

tempat , lingkup pameran .

Melaksanakan pameran karya seni rupa buatan sendiri di kelas ,meliputi Persiapan pameran, menyusun

program dan menata letak .

F. Metode Pembelajaran

1. Tanya Jawab

2. Ceramah

3. Diskusi

4. Pemberian tugas

G. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

Pendahuluan ( 10 menit )

Guru bertanya tentang persiapan siswa dalam pembelajaran saat itu, guru memberi kesempatan siswa untuk mempersiapkan bahan dan alat pelajaran

Kegiatan Inti ( 60 menit )

a. Guru menjelaskan tentang pameran ,membuat jadwal, memilih tempat ,perlengkapan dan seleksi

karya seni .

b Guru membimbing siswa untuk melaksanakan pameran kelas atau sekolah

Penutup ( 10 menit )

  1. Guru mengakhiri kegiatan dengan memberi komentar tentang kegiatan pembelajaran saat itu, membuka kesempatan bertanya tentang kesulitan yang dialami
  2. Memberikan tugas pada siswa untuk membuat laporan tertulis tentang pelaksanaan pameran kelas atau sekolah .

H. Media / Sumber Pembelajaran

a. Lingkungan

b. Buku ajar Seni Budaya Kelas VIII

c. Buku-buku sumber

d. Media cetak

e. Interaksi dengan guru

f. Alat dan bahan p

I. Penilaian

a. Jenis Tagihan : Tes dan Non Tes

b. Teknik : Tes Harian

Proses dan Produk

c. Bentuk Instrumen : Pertanyaan Lisan

Pertanyaan tertulis

Rubrik

Mengetahui Duduksampeyan, 17 Juli 2006

Kepala SMP Negeri 1 Duduksampeyan Guru Mata Pelajaran

Drs. Lamidin , M.Pd. Rochman Hakim, S.Pd.

NIP. 131 784 880 NIP. 131 766 150

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive