RPP IPS KELAS IX SEMESTER GENAP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 9)

SEKOLAH : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas / Semester : IX / 2

Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi

Kompetensi Dasar : 5.1. Mengeinterpretasikan peta tentang bentuk dan pola muka

bumi

Indikator : - Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta

- Membuat diagram / penampang metintang bentuk muka bumi

daratan dan dasar laut

- Mendiskripsikan pola dan bentuk obyek geografis sesuai dengan

bentang alam

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 x Pertemuan)

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat:

1. Mendiskripsikan pengertian peta, simbol peta beserta memberikan contoh dan simbol peta.

2. Mengidentifikasi bentuk muka bumi

3. Mengidentifikasi bentuk muka bumi daratan.

4. Mengidentifikasi perbedaan antara palung laut dan lubuk laut.

5. Memperagakan dalam membuat penampang melintang daratan dan dasar laut.

6. Mengidentifikasi obyek geografi dalam negara dan wilayah.

7. Mengidentifikasi bentang alam.

B. MATERI

1. Pengertian peta, simbol peta dan contoh simbol peta.

2. Bentuk muka bumi.

3. Diagram melintang daratan dan dasar laut.

4. Pola dan bentuk obyek geografi sesuai dengan bentang alam.

C. METODE PENGAJARAN

1. Ceramah bervariasi

2. Diskusi

3. Tanya jawab

4. Inquiri

D. LANGKAH-IANGKAH KEGIATAN

Pertemuan 1

Materi : 1. Pengertian peta, simbol peta

2. Bentuk muka bumi

3. Diagram melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.

Yang diambil penggaian peta negara Philipina pada garis lintang Utara

16, yaitu putau Luzon, laut Cina Selatan dan Samudra Pasifik.

I. Pendahuluan

a. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan ketas.

b. Mengingatkan kembali pelajaran di kelas VII tentang bentuk muka bumi dan peta

c. Menyampaikan indikator yang ingin dicapai.

II. Kegiatan Inti

a. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.

b. Kelompok 1 : mencari informasi gunung, pegunungan

Kelompok 2 : mencari informasi dataran rendah, gurun dan sungal

Kelompok 3 : mencari informasi danau, teluk dan tanjung

Kelompok 4 : mengerjakan pembuatan diagram penampang muka bumi, daratan dan laut.

c. Masing-masing kelompok mencari informasi dan peta Australia dalam waktu 30 menit, demikian pula yang membuat diagram.

d. Diwakili salah satu siswa masing-masing ketompok menyampaikan hasil penemuannya selama 10 menit.

III. Penutup

a. Membuat kesimpulan bersama-sama dan basil diskusi

b. Membeni pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas

c. Guru memberi/menyampaikan refteksi dan penghargaan bagi kelompok yang telah

bekerja dengan baik.

Pertemuan 2

Materi : Pola dan bentuk muka bumi (bentuk obyek geografi) sesuai dengan bentang alam.

Pendahuluan

a. Memeniksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas

b. Motivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya

- Sebutkan bentuk muka bumi daratan yang kamu ketahuil

c. Menyampaikan indikator yang ingin dicapai

II. Kegiatan Inti

a. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok; 1, 2, 3, 4

b. Masing-masing ketompok mengamati pota dan berituk dataran rendah, pegunungan,

danau dan sungai

c. Wilayah yang diamati dapat berupa negara atau kawasan tertentu

( misalnya : Benua Australia )

d. Masing-masing kelompok mendiskusikan dan menyampaikan laporan hasil

penemuannya.

e. Kelompok lain dapat memberikan pertanyaan dan masukan.

III. Penutup

a. Guru menyimpulkan tugas masing-masing kelompok 15 menit

b. Guru menyampaikan komentar dan memberi penegasan tentang hasil kelompok yang

memenuhi syarat dan mengoreksi hasil yang belum sesuai dengan indikator

E. SUMBER BELAJAR

Buku Geograli IX, Pengarang Tim Abdi Guru, Penerbit Erlangga Bab 2. Peta

F. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1. Tehnik 2. Bentuk Instrumen

a. Tes lisan a. Daftar pertanyaan

b. Tes tertulis b. Test isian singkat

c. Penugasan c. Test pilihan ganda

d. Demonstrasi d. Uraian

e. Pekerjaan Rumah

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui

Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran IPS

Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. DARMAWAN, MM

Nip : 131 847 230 Nip : 132 009 727

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 10)

SMP/MTS : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata pelajaran : IPS/Geografi

Kelas/Semester : IX/2

SD : 5 Memahami hubungan manusia dengan bumi.

KD : 5.2 Mendeskripsikan unsur-unsur geografi dan penduduk di

kawasan Asia Tenggara.

Indikator : - Menunjukkan letak geografi kawasan Asia Tenggara.

- Menginterprestasi peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara.

- Mendeskripsikan keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara.

- Mendeskripsikan SDA di kawasan Asia Tenggara.

- Penyajian informasi data kependudukan (jumlah, persebaran, suku bangsa) dan mata pencaharian di kawasan Asia Tenggara.

- Memberikan contoh barang-barang perdagangan antar negara di kawasan Asia Tenggara.

- Memberikan contoh bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia tenggara.

Alokasi waktu : 10 x 40 menit ( 5 x pertemuan )

A. TUJUAN PEMBELAJARAN.

  1. Menunjukkan letak geografi kawasan Asia Tenggara.
  2. Menginterprestasikan peta tentang bentang alam Asia Tenggara.
  3. Menjelaskan keadaan iklim Asia Tenggara.
  4. Menjelaskan SDA Asia Tenggara.
  5. Menjelaskan data kependudukan dan mata pencaharian di kawasan Asia Tenggara.
  6. Memberi contoh barang perdagangan antar negara di Asia Tenggara.
  7. Memberi contoh bentuk kerja sama Indonesia dengan negara di kawasan Asia Tenggara.

B. MATERI.

  1. Letak geografi kawasan Asia Tenggara.
  2. Bentang alam kawasan Asia Tenggara.
  3. Keadaan iklim kawasan Asia Tenggara.
  4. SDA kawasan Asia Tenggara.
  5. Data kependudukan dan mata pencaharian di kawasan Asia Tenggara.
  6. Contoh barang perdagangan antar negara di kawasan Asia Tenggara.
  7. Contoh bentuk kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

C. METODE.

  1. Ceramah bervariasi.
  2. Tanya jawab
  3. Observasi.
  4. Demonstrasi
  5. Inquiri.

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN.

  1. Pertemuan I

Materi : 1. Letak geografi kawasan Asia Tenggara.

2. Bentang Alam kawasan Asia Tenggara.

3. Keadaan iklim kawasan Asia Tenggara.

a. Pendahuluan.

1. Guru menjelaskan rencana kegiatan yang akan dilakukan dengan :

- Menggunakan atlas, peta Asia Tenggara.

- Mengadakan tanya jawab tentang pelajaran yang lalu dengan peragaan peta.

2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

b. Kegiatan Inti.

1. Guru menyiapkan peta Asia.

2. Guru membagi siswa dalam 5 kelompok besar.

Kelompok A : membahas tentang negara Indonesia.

Kelompok B : membahas tentang negara Malaysia.

Kelompok C : membahas tentang negara Singapura.

Kelompok D : membahas tentang negara Myanmar.

Kelompok E : membahas tentang negara Thailan

Masing-masing kelompok mempretasikan hasil kelompoknya.

c. Penutup.

    1. Memberikan penguatan dari hasil diskusi.
    2. Guru memberi penghargaan atas hasil karya masing-masing.

  1. Pertemuan 2.

a. Pendahuluan.

1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas.

2. Mengingatkan kembali pelajaran yang lalu.

3. Menyampaikan indikator yang ingin di capai.

b. Kegiatan Inti.

1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok besar

2. - Kelompok A : membahas tentang negara

- Kelompok B : membahas tentang negara Vietnam.

- Kelompok C : membahas tentang negara Laos.

- Kelompok D : membahas tentang negara Kamboja.

- Kelompok E : membahas tentang negara Brunei Darusalam.

3. Masing-masing kelompok mempretasikan hsil diskusinya.

4. Kelompok lain dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan dan masukan.

c. Penutup.

1. Guru menyimpulkan tugas masing-masing kelompok.

2. Guru menyampaikan komentar dan memberi penegasan tentang hasil kelompok yang memenuhi syarat.

3. Pertemuan 3.

Materi : 1. SDA.

2. Data Kependudukan dan Mata pencaharian di kawasan Asia Tenggara.

a. Pendahuluan.

    1. Motivasi dengan mengajukan pertanyaan.
    2. Menyampaikan indikator yang ingin dicapai.

b. Kegiatan Inti.

1. Guru membagi kelas dalam kelompok kecil maksimal 5 orang.

2. Kelompok A, B, C, dan D, yang mendapat no. 1 akan berkumpul untuk membahas soal no. 1, yaitu SDA di kawasa Asia Tenggara.

3. Kelompok A, B, C, dan D, yang mendapat no. 2 akan berkumpul untuk membahas soal no. 2, yaitu jumlah penduduk dari negara anggota Asean.

4. Kelompok A, B, C, dan D, yang mendapat no. 3 akan berkumpul untuk membahas soal no.3, yaitu tentang persebaran penduduk di Asia Tenggara.

5. Kelompok A, B, C, dan D, yang mendapat no. 4 akan berkumpul untuk membahas soal no. 4, yaitu tentang suku bangsa.

6. Kelompok A, B, C, dan D, yang mendapat no. 5 akan berkumpul untuk membahas soal no. 5, yaitu tentang mata pencaharian di kawasan Asia Tenggara.

7. Setelah kelompok asli sudah selesai kembali kepada kelompok masing-masing untuk diinformasikan pada teman-teman sekelompoknya.

8. Salah satu kelompok mempretasikan hasil itu kepada teman yang lain.

9. Tanya jawab.

Penutup.

- Guru memberikan refleksi tentang hasil diskusi kelompok asli.

- Meminta peserta untuk kembali ke tempat duduk klasikal.

4. Pertemuan 4.

Materi : - Contoh barang-barang perdagangan antar negara di Asia Tenggara.

- Contoh bentuk kerja sama Indonesia dengan negara di Kawasan Asia

Tenggara.

1. Pendahuluan.

- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas.

- Mengingatkan kembali pelajaran yang lalu.

- Menyampaikan indikator yang ingin di capai.

2. Kegiatan Inti.

- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.

- Tiap kelompok mencari contoh yang sebanyak-banyaknya.

- Tiap kelompok mempretasikan ke muka.

- Tiap kelompok membuat laporan dari hasil kelompoknya.

3. Penutup.

- Guru memberi kesimpulan tugas masing-masing.

- Guru menyampaikan komentar dan memberi penjelasan tentang hasil kelompok.

E. Sumber Belajar :

- Buku Geografi IX

- Peta

F. Penilaian Hasil Belajar.

1. Teknik:

a. Tes lisan

b. Tes tertulis

c. Penugasan

d. Demo

2. Bentuk Instrumen:

a. Daftar pertanyaan

b. Test isian angket

c. Test pilihan ganda

d. Uraian

e. Pekerjaan Rumah

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui

Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran IPS

Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. DARMAWAN, MM

Nip : 131 847 230 Nip : 132 009 727

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 11)

SMP/MTs : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran : (IPS Geografi)

Kelas / Semester : IX / 2

Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi

Kompetensi Dasar : 5.3. Mendiskripsikan pembagian permukaan bumi atas

benua dan samudera

Indikator : * Mendiskripsikan proses pembentukan samudra

* Menginteprestasikan peta dunia dan atau globe untuk

mendapatkan informasi tentang posisi benua benua dan

samudra

* Mendiskripsikan karakteristik masing-masing benua

* Memberi contoh negara-negara di masing-masing

kawasan benua

* Menginterprestasikan peta dunia untuk mendapatkan

informasi tentang karakteristik masing-masing samudra

* Membaca buku sumber tentang fungsi samudra

Waktu : 6 Jam ( 3 X Pertemuan)

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Sekilas selesal melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:

1. Menjelaskan proses pembentukan benua

2. Menginterpretasikan peta atau globe tentang posisi benua-benua

3. Meninterpretasikan peta atau globe tentang posisi samudera

4. Mendiskripsikan karakteristik masing-masing benua

5. Memberi contoh negara di masing-masing kawasan benua

6. Menginterpretasikan peta dunia tentang karakteristik masing-masing samudera

7. Mengidentitikasi tentang fungsi samudera

B. MATERI

1. Proses pembentukan benua

2. Posisi benua meliputi letak astronomi, batas, luas dan sosial ekonomi dan

kependudukan untuk masing-masing benua.

3. Posisi samudera meliputi batas, luas, kedalaman dan samudera

4. Karakteristik benua meliputi bentang alam, dsb.

5. Contoh negara di masing-masing kawasan benua

6. Karakteristik samudera meliputi letak, luas dan kenampakan yang ada

7. Fungsi samudera

C. METODE PEMBELAJARAN

1. Ceramah bervariasi

2. Diskusi

3. Inquiri

4. Tanya Jawab

5. Observasi/Pengamatan

D. LANGKAH KEGIATAN

1. Pertemuan ke-1

Materi : Benua dan Samudera

1. Proses pembentukan benua

2. Posisi benua-benua dan samudera

3. Karakteristik bentang alam dan penduduk di benua-benua

a. Pendahuluan

Apersepsi : - Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan

- Tanya jawab tentang materi yang sudah diajarkan di SD

- Menyampaikan indikator yang ingin dicapai

b. Kegiatan Inti

1. Guru menyiapkan peta dunia

2. Guru membagi siswa dalam 4 kelompok besar

- Kelompok A : membahas proses pembentukan benua

- Kelompok B : membahas posisi benua-bcnua

- Kelompok C : mernbahas posisi samudera

- Kelompok D : membahas posisi karakteristik tentang alam dan penduduk benua

3. Masing-masing kelompok mendiskusikan dan melaporkan hasil penemuannya kepada

seluruh siswa

4. Tanya jawab tentang perbedaannya.

c. Penutup

Guru menyimpulkan tugas masing-masing kelompok

2. Pertemuan ke-2

Materi :- Contoh negara-negara di masing-masing kawasan benua

- Karakteristik masing-masing samudera

- Fungsi samudera

a. Pendahuluan

- Guru menyiapkan peta dunia dan globe atau atlas yang akan digunakan siswa

- Guru mengingatkan kembali pelajaran minggu yang lalu dengan mengadakan tanya

jawab

- Guru menyampaikan indikator yang akan dibahas

b. Kegiatan Inti

1. Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok

- Kelompok A : membahas tentang contoh negara di masing-masing benua

- Kelompok B : membahas tentang posisi dan luas samudera

- Kelompok C : membahas tentang kedalaman masing-masing samudera

- Kelompok D : membahas tentang fungsi samudera

2. Masing-masing kelompok diberi waktu untuk menginterpretasikan hasil kelompoknya

c. Penutup

- Guru memberi penghargaan atas hasil karya masing-masing kelompok

- Masing-masing kelompok membuat kesimpulan dan hasil kelompok lain

- Guru menyimpulkan dan hasil diskusinya

E. MEDIA / SUMBER PEMBELAJARAN

- Buku PS kelas IX

- Peta, Globe, Atlas

- LKS

F. PENILAIAN

- Guru mencatat aktivitas siswa dalam kelompok saat berdiskusi dan menyampaikan hasil

karyanya dalam bentuk tulisan maupun lisan.

Misalnya: dengan Test dan Penugasan

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui

Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran IPS

Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. DARMAWAN, MM

Nip : 131 847 230 Nip : 132 009 727

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH

:

SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester

:

IX / 2

Standar Kompetensi

:

6. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia.

Kompetensi Dasar

:

6.1.Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat

Indikator

:

· Menguraikan latar belakang pengembalian Irian Barat

· Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat

· Mengidentifikasi perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomidalam upaya mengembalikan Irian Barat

· Mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando Rakyat (Trikora) Untuk merebut Irian Barat

· Mendeskripsikan Persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat

· Menjelaskan arti penting Penentuan pendapat rakyat (Pepera)

Alokasi

:

6 x 40 Menit (3xpertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:

    1. Menguraikan latar belakang pengembalian Irian Barat
    2. Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat
    3. Mengidentifikasi perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomidalam upaya mengembalikan Irian Barat
    4. Mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando Rakyat (Trikora) Untuk merebut Irian Barat
    5. Mendeskripsikan Persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat

6. Menjelaskan arti penting Penentuan pendapat rakyat (Pepera)

B. Materi Pembelajaran

    1. Latar belakang pengembalian Irian Barat
    2. Perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat
    3. Perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomidalam upaya mengembalikan Irian Barat
    4. Pelaksanaan Trikomando Rakyat (Trikora) Untuk merebut Irian Barat

5. Persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat

6. Arti penting Penentuan pendapat rakyat (Pepera)

C. Metode

1. Diskusi

2. Observasi

3. Tanya jawab

4. Ceramah

5. Tugas



D. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama : (2 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu Hasil Perjanjian KMB mengenai Irian Jaya / Barat.

2. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan Pengembalian Irian Barat..

b. Guru membagi Beberapa soal yang sudah disiapkan dalam lembar tugas siswa, untuk mendalami Materi pokok 1 dan 2.

c. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas penyelesaian masalah dari soal yang dibagikan, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

d. Tanya jawab sambil melakukan bimbingan terhadap jawaban siswa.

e. Mengambil kesimpulan dari pembahasan yang dilakukan.

Pertemuan Kedua : (2 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu Perjuangan diplimasi dalam mengembalikan Irian Barat.

2. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan Pengembalian Irian Barat..

b. Guru membagi Beberapa soal yang sudah disiapkan dalam lembar tugas siswa, untuk mendalami Materi pokok 3 dan 4

c. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas penyelesaian masalah dari soal yang dibagikan, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

d. Tanya jawab sambil melakukan bimbingan terhadap jawaban siswa.

e. Mengambil kesimpulan dari pembahasan yang dilakukan.

Pertemuan Ketiga : (2 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu usaha Pelaksanaan Trikora

2. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan Pengembalian Irian Barat.

b. Guru membagi Beberapa soal yang sudah disiapkan dalam lembar tugas siswa, untuk mendalami Materi pokok 5 dan 6.

c. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas penyelesaian masalah dari soal yang dibagikan, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

d. Tanya jawab sambil melakukan bimbingan terhadap jawaban siswa.

e. Mengambil kesimpulan dari pembahasan yang dilakukan.

3. Penutup :

a. Memberikan penguatan dari hasil tanya jawab maupun diskusi kelompok siswa.

b. Membimbing siswa untuk memberikan refleksi.

c. Memberikan tes

E. Sumber Belajar

1. Buku sejarah pegangan siswa dan buku referensi.

2. Atlas sejarah.

3. Situs sejarah di daerahnya.

F. Penilaian

1. Tes tulis (terlampir).

2. Penugasan (terlampir).

3. Observasi (terlampir).

PENILAIAN

I.Tes tulis uraian

Jawablah dengan jelas

    1. Jelaskan latar belakang pengembalian Irian Barat !
    2. Jelaskan perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat !
    3. Jelaskan perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomi dalam upaya mengembalikan Irian Barat !
    4. Jelaskan pelaksanaan Trikomando Rakyat (Trikora) Untuk merebut Irian Barat !
    5. Jelaskan Persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat !

6. Jelaskan arti penting Penentuan pendapat rakyat (Pepera) !

Tugas Lembar Kerja

Lembar penilaian

NO

NAMA SISWA

ASPEK YANG DINILAI

JUMLAH SKOR

NILAI

1

2

3

4

5

6

1

2

3

4

Dst

Keterangan aspek yang dinilai

1. Kelengkapan Jawaban

2. Kerapian Lembar Kerja

3. Kebenaran Jawaban

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui

Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran IPS

Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. DARMAWAN, MM

Nip : 131 847 230 Nip : 132 009 727

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH

:

SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester

:

IX / 1

Standar Kompetensi

:

6. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia.

Kompetensi Dasar

:

6.2 Mendeskripsikan strategi nasional peristiwa Madiun / PKI, DI / TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya

Indikator

:

· Menjelaskan dampak persoalan hubungan pusat- daerah, persaingan ideologis, dan pergolakan sosial-politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an

· Mendeskripsikan terjadinya peristiwa Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik internal lainny

· Mendeskripsikan terjadinya peristiwa DI/TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya

· Mengidentifikasi keadaan politik ,ekonomi, sosial,dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S/PKI

· Mendeskripsikan terjadinya perstiwa G 30S/PKI dan cara penumpasannya

Alokasi

:

6 x 40 Menit (3xpertemuan )

G. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:

1. Menjelaskan dampak persoalan hubungan pusat- daerah, persaingan ideologis, dan pergolakan sosial-politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an

2. Mendeskripsikan terjadinya peristiwa Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik internal lainny

3. Mendeskripsikan terjadinya peristiwa DI/TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya

4. Mengidentifikasi keadaan politik ,ekonomi, sosial,dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S/PKI

5. Mendeskripsikan terjadinya perstiwa G 30S/PKI dan cara penumpasannya

H. Materi Pembelajaran

1. Dampak persoalan hubungan pusat- daerah, persaingan ideologis, dan pergolakan sosial-politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an.

2. Terjadinya peristiwa Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik internal lainnya.

3. Terjadinya peristiwa DI/TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya.

4. Keadaan politik ,ekonomi, sosial,dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S/PKI.

5. Terjadinya perstiwa G 30S/PKI dan cara penumpasannya.

I. Metode

1. Diskusi

2. Observasi

3. Tanya jawab

4. Ceramah

5. Tugas

J. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama : (2 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu Pelaksanaan sistem Demokrasi di Indonesia dan usaha perjuangan Kemerdekaan yang duwarnai oleh hambatan, dari dalam maupun dari luar.

Motivasi : ditampilkan gambar Peristiwa penghianatan terhadap RI mulai dari Peristiwa Madiun, DI/TII sampai dengan Penghianatan G 30 S / PKI dan siswa memberikan tanggapannya.

2. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan Terjadinya peristiwa Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik internal lainnya

b. Guru membagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas Terjadinya peristiwa Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik internal lainnya, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

c. Tanya jawab disertai penjelasan mengenai permasalahan yang muncul dalam diskusi..

d. Memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari pokok materi untuk pertemuan selanjutnya.

Pertemuan Kedua : (2 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu Pelaksanaan sistem Demokrasi di Indonesia dan usaha perjuangan Kemerdekaan yang duwarnai oleh hambatan, dari dalam maupun dari luar.

Motivasi : ditampilkan gambar Peristiwa penghianatan terhadap RI mulai dari Peristiwa Madiun, DI/TII sampai dengan Penghianatan G 30 S / PKI dan siswa memberikan tanggapannya.

2. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan Terjadinya peristiwa DI/TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya

b. Guru membagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas Terjadinya peristiwa DI/TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

c. Tanya jawab disertai penjelasan mengenai permasalahan yang muncul dalam diskusi..

d. Memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari pokok materi untuk pertemuan selanjutnya.

Pertemuan Ketiga : (2 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu Pelaksanaan sistem Demokrasi di Indonesia dan usaha perjuangan Kemerdekaan yang duwarnai oleh hambatan, dari dalam maupun dari luar.

Motivasi : ditampilkan gambar Peristiwa penghianatan terhadap RI mulai dari Peristiwa Madiun, DI/TII sampai dengan Penghianatan G 30 S / PKI dan siswa memberikan tanggapannya.

2. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan Keadaan politik ,ekonomi, sosial,dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S/PKI dan Terjadinya perstiwa G 30S/PKI dan cara penumpasannya

b. Guru membagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas Keadaan politik ,ekonomi, sosial,dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S/PKI dan Terjadinya perstiwa G 30S/PKI dan cara penumpasannya, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

c. Tanya jawab disertai penjelasan mengenai permasalahan yang muncul dalam diskusi..

d. Memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari pokok materi untuk pertemuan selanjutnya.

4. Penutup :

a. Memberikan penguatan dari hasil tanya jawab maupun diskusi kelompok siswa.

b. Membimbing siswa untuk memberikan refleksi.

c. Memberikan tes

d. Memberikan tugas rumah untuk melakukan observasi pada peninggalan yang bercorak Islam di daerahnya masing-masing dan dikumpulkan di minggu berikutnya.

K. Sumber Belajar

1. Buku sejarah pegangan siswa dan buku referensi.

2. Atlas sejarah.

3. Situs sejarah di daerahnya.

L. Penilaian

1. Tes tulis (terlampir).

2. Penugasan (terlampir).

3. Observasi (terlampir).

I.Tes tulis uraian

Jawablah dengan jelas

1. Jelaskan dampak persoalan hubungan pusat- daerah, persaingan ideologis, dan pergolakan sosial-politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an

2. Jelaskan terjadinya peristiwa Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik internal lainny

3. Jelaskan terjadinya peristiwa DI/TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya

4. Jelaskan keadaan politik ,ekonomi, sosial,dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S/PKI

5. Jelaskan secara singkat terjadinya perstiwa G 30S/PKI dan cara penumpasannya

II. Tugas Diskusi :

Lembar penilaian

NO

NAMA SISWA

ASPEK YANG DINILAI

JUMLAH SKOR

NILAI

1

2

3

4

5

6

1

2

3

4

Dst

Keterangan aspek yang dinilai

1. Keaktifan individu dalam kelompok

2. Kemampuan dalam mempresentasikan

3. Rumusan hasil diskusi.

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui

Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran IPS

Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. DARMAWAN, MM

Nip : 131 847 230 Nip : 132 009 727

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH

:

SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester

:

IX / 2

Standar Kompetensi

:

7. Memahami pemerintahan dan kerjasama internasional.

Kompetensi Dasar

:

7.1.Menjelaskan berakhirnya masa orde baru dan lahirnya Reformasi.

Indikator

:

· Mendeskripsikan peristiwa–peristiwa politik penting pada masa Orde Baru

· Menggunakan data statistik untuk menguraikan proses perkembangan ekonomi pada masa Orde Baru

· Mendeskripsikan berakhirnya Orde Baru dan lahirnya Reformasi

Alokasi

:

4 x 40 Menit (2xpertemuan )

M. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:

1. Menyusun kronologi dan mendeskripsikan peristiwa–peristiwa politik penting pada masa Orde Baru

2. Menggunakan data statistik untuk menguraikan proses perkembangan ekonomi pada masa Orde Baru

3. Mendeskripsikan berakhirnya Orde Baru dan lahirnya Reformasi

N. Materi Pembelajaran

1. Peristiwa–peristiwa politik penting pada masa Orde Baru

2. Proses perkembangan ekonomi pada masa Orde Baru

3. Berakhirnya Orde Baru dan lahirnya Reformasi

O. Metode

1. Diskusi

2. Observasi

3. Tanya jawab

4. Ceramah

5. Tugas

P. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama : (2 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu Peristiwa G 30 S / PKI yang mencoba mengganti idiologi Pancasila dengan ideologi Komunis.

Motivasi : ditampilkan gambar Demontrasi Mahasiswa tahun 1966 sebagai perwujudan reaksi masyarakat pasca G 30 S / PKI dan siswa memberikan tanggapannya.

2. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan kronologi dan peristiwa–peristiwa politik penting pada masa Orde Baru.

b. Guru membagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas kronologi dan peristiwa–peristiwa politik penting pada masa Orde Baru, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

c. Tanya jawab disertai penjelasan mengenai permasalahan yang muncul dalam diskusi..

d. Memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari pokok materi untuk pertemuan selanjutnya.

Pertemuan Kedua : (2 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu peristiwa–peristiwa politik penting pada masa Orde Baru.

2. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan perkembangan ekonomi pada masa Orde Baru serta masa-masa terakhir berakhirnya Orde Baru dan lahirnya proses Reformasi.

b. Guru membagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas perkembangan ekonomi pada masa Orde Baru serta masa-masa terakhir berakhirnya Orde Baru dan lahirnya proses Reformasi., kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

c. Tanya jawab disertai penjelasan mengenai permasalahan yang muncul dalam diskusi..

d. Memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari pokok materi untuk pertemuan selanjutnya.

5. Penutup :

a. Memberikan penguatan dari hasil tanya jawab maupun diskusi kelompok siswa.

b. Membimbing siswa untuk memberikan refleksi.

c. Memberikan tes

d. Memberikan tugas rumah untuk melakukan observasi pada peninggalan yang bercorak Islam di daerahnya masing-masing dan dikumpulkan di minggu berikutnya.

Q. Sumber Belajar

1. Buku sejarah pegangan siswa dan buku referensi.

2. Atlas sejarah.

3. Situs sejarah di daerahnya.

R. Penilaian

1. Tes tulis (terlampir).

2. Penugasan (terlampir).

I.Tes tulis uraian

Jawablah dengan jelas

1. Jelaskan peristiwa–peristiwa politik penting pada masa Orde Baru

2. Jelaskan proses perkembangan ekonomi pada masa Orde Baru

3. Jelaskan berakhirnya Orde Baru dan lahirnya Reformasi

II. Tugas Diskusi :

Lembar penilaian

NO

NAMA SISWA

ASPEK YANG DINILAI

JUMLAH SKOR

NILAI

1

2

3

4

5

6

1

2

3

4

Dst

Keterangan aspek yang dinilai

1. Keaktifan individu dalam kelompok

2. Kemampuan dalam mempresentasikan

3. Rumusan hasil diskusi.

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui

Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran IPS

Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. DARMAWAN, MM

Nip : 131 847 230 Nip : 132 009 727

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH

:

SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester

:

IX / 2

Standar Kompetensi

:

7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional

Kompetensi Dasar

:

7.2.Menguraikan perkemba-ngan lembaga internasi-onal dan peran Indonesia dalam kerjasama internasional

Indikator

:

· Menguraikan secara kronologis Konferensi Asia Afrika dan mendeskripsikan peran Indonesia

· Mendeskripsikan perkembangan ASEAN dan peran Indonesia

· Mendeskripsikan perkembangan keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia

· Mendeskripsikan perkembangan Gerakan Non Blok dan peran Indonesia

Alokasi

:

6 x 40 Menit (3xpertemuan )

S. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:

1. Menguraikan secara kronologis Konferensi Asia Afrika dan mendeskripsikan peran Indonesia

2. Mendeskripsikan perkembangan ASEAN dan peran Indonesia

3. Mendeskripsikan perkembangan keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia

4. Mendeskripsikan perkembangan Gerakan Non Blok dan peran Indonesia

T. Materi Pembelajaran

1. Kronologis Konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia

2. Perkembangan ASEAN dan peran Indonesia

3. Perkembangan keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia

4. Perkembangan Gerakan Non Blok dan peran Indonesia

U. Metode

1. Diskusi

2. Observasi

3. Tanya jawab

4. Ceramah

5. Tugas

V. Strategi Pembelajaran

Pertemuan Pertama : (2 X 40”)

3. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : Berdialog dengan siswa tentang pentingnya kerjasama antar negara dalam upaya menciptakan perdamaian dunia.

4. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan Kronologis Konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia.

b. Guru membagi Beberapa soal yang sudah disiapkan dalam lembar tugas siswa, untuk mendalami Materi pokok 1.

c. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas penyelesaian masalah dari soal yang dibagikan, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

d. Tanya jawab sambil melakukan bimbingan terhadap jawaban siswa.

e. Mengambil kesimpulan dari pembahasan yang dilakukan.

Pertemuan Kedua : (2 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : Berdialog dengan siswa tentang pentingnya kerjasama antar negara dalam upaya menciptakan perdamaian dunia.

2. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan Perkembangan ASEAN dan PBB serta peran Indonesia.

b. Guru membagi Beberapa soal yang sudah disiapkan dalam lembar tugas siswa, untuk mendalami Materi pokok 2 dan 3

c. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas penyelesaian masalah dari soal yang dibagikan, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

d. Tanya jawab sambil melakukan bimbingan terhadap jawaban siswa.

e. Mengambil kesimpulan dari pembahasan yang dilakukan.

Pertemuan Ketiga : (2 X 40”)

1. Kegiatan pendahuluan

Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

Apersepsi : Berdialog dengan siswa tentang pentingnya kerjasama antar negara dalam upaya menciptakan perdamaian dunia.

2. Kegiatan inti

a. Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan Perkembangan Gerakan Non Blok dan peran Indonesia.

b. Guru membagi Beberapa soal yang sudah disiapkan dalam lembar tugas siswa, untuk mendalami Materi pokok 4

c. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok maksimal lima orang siswa untuk berdiskusi membahas penyelesaian masalah dari soal yang dibagikan, kemudian siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memberikan tanggapan.

f. Tanya jawab sambil melakukan bimbingan terhadap jawaban siswa.

g. Mengambil kesimpulan dari pembahasan yang dilakukan.

6. Penutup :

a. Memberikan penguatan dari hasil tanya jawab maupun diskusi kelompok siswa.

b. Membimbing siswa untuk memberikan refleksi.

c. Memberikan tes

1. Sumber Belajar

1. Buku sejarah pegangan siswa dan buku referensi.

2. Atlas sejarah.

3. Situs sejarah di daerahnya.

2. Penilaian

1. Tes tulis (terlampir).

2. Penugasan (terlampir).

Tes tulis uraian

Jawablah dengan jelas

1. Jelaskan secara kronologis Konferensi Asia Afrika dan mendeskripsikan peran Indonesia

2. Jelaskan perkembangan ASEAN dan peran Indonesia

3. Jelaskan perkembangan keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia

4. Jelaskan perkembangan Gerakan Non Blok dan peran Indonesia

Tugas rumah

Lembar penilaian

NO

NAMA SISWA

ASPEK YANG DINILAI

JUMLAH SKOR

NILAI

1

2

3

4

5

6

1

2

3

4

Dst

Keterangan aspek yang dinilai

4. Kelengkapan Jawaban

5. Kerapian Lembar Kerja

6. Kebenaran Jawaban

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui

Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran IPS

Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. DARMAWAN, MM

Nip : 131 847 230 Nip : 132 009 727

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 16)

SMP/MTs : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran : IPS (Geografi)

Kelas / Semester : IX / 2

Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan Pemerintahan dan Kerjasama Internasional

Kompetensi Dasar : 7.3. Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial

budaya di era global

Indiktor : - Mengidentifikasikan ciri-ciri globalisasi

- Mengidentikasikan dampak globalisasi terhadap masyarakat

- Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial

budaya di era global

Alokasi Waktu : 4 Jam (2 X Pertemuan)

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Mengidentifikasi ciri-ciri globalisasi

2. Mendiskripsikan dampak positif globalisasi terhadap masyarakat

3. Mendiskripsikan dampak negatif globalisasi terhadap masyarakat

4. Menjelaskan perilaku masyarakat dalam perubahan daya di era global

B. MATERI AJAR

1. Ciri-ciri global

2. Dampak positif globalisasi

3. Dampak negatif globalisasi

4. Perubahan perilaku di jaman era global

C. METODE PENGAJARAN

1. Ceramah, observasi

2. Diskusi

3. Inquiri

4. Tanya jawab

5. Pengamatan / Observasi

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

1. Pendahuluan

a. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas dan kerapian kelas

b. Motivasi

- Apakah kamu pernah mendengar istilah globalisasi?

- Apakah kamu senang seandainya terjadi perubahan sosial budaya nanti di era global?

c. Apersepsi

- Globalisasi akan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat terutama pada

pola hidupnya

2. Kegiatan Inti

a. Guru membagi kelas dalam kelompok kecil maksimal 5 orang

b. - Kelompok A, B, C dan D yang mendapat nomor 1 akan berkumpul untuk membahas

soal no. I yaitu ciri-ciri globalisasi

- Kelompok A, B, C dan D yang mendapat nomor 2 akan berkumpul untuk membahas

soal no. 2 yaitu dampak positif globalisasi

- Kelompok A, B, C dan D yang mendapat nomor 3 akan berkumpul untuk membahas

soal no. 3 yaitu dampak negatif globalisasi

- Kelompok A, B, C dan D yang mendapat nomor 4 akan berkumpul untuk

c. Setelah kelompok asli sudah selesai kembali kepada kelompok masing-masing untuk

diinformasikan pada teman-teman kelompoknya.

d. Salah satu kelompok mempresentasikan basil itu kepada teman yang lain

e. Tanya jawab

3. Penutup

a. Guru memberikari refleksi tentang hasil diskusi kelompok ahli

b. Meminta peserta untuk kembali ke tempat duduk klasikal

E. MEDIA

1. Buku Geografi IX

2. Gambar / Foto dan pengaruh globalisasi

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Penilalan Proses

Penilaian proses dilakukan terhadap partisipasi peserta dalam kelompok selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan tabel observasi aktivitas.

NO

NAMA

AKTIVITAS PESERTA

KB

KMP

AD

KERJASAMA

B

C

K

B

C

K

B

C

K

B

C

K

1.

2.

3.

4.

5.

Ket.

KB : Kemampuan Bertanya

KP : Kemampuan Mengemukakan Pendapat

AD : Aktivitas Diskusi

PM : Penguasaan Materi

KS : Kerja Sama

B : Baik

C : Cukup

K : Kurang

2. Penilaian Kinerja

Penilaian kinerja berupa laporan hasil kerja kelompok produk dan test tertulis meliputi subyektif dan obyektif tes.

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui

Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran IPS

Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. DARMAWAN, MM

Nip : 131 847 230 Nip : 132 009 727

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTS : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/ Semester : IX / 2

Standar kompetensi : 7. Memahami Perubahan Pemerintahan dan Kerja Sama

Internasional

Kompetensi Dasar : 7.4. Mendeskripsikan kerja sama antar negara di bidang ekonomi

Indikator :

- Menjelaskan arti kerja sama ekonomi antar negar

- Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kerja sma ekonomi antar begara

- Menjelaskan tujuan kerja sama ekonomi antar negara

- Mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam kerja sama ekonomi antar negara

- Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antar negara

- Mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia

Alokasi Waktu : 6 JP (3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :

Setelah selesai mengikuti pembelajaran, siswa dapat :

1. Menjelaskan arti kerja sama ekonomi antar negara melalui diskusi

2. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kerja sma ekonomi antar begara melalui tanya jawab

3. Menjelaskan tujuan kerja sama ekonomi antar negara melalui diskusi

4. Mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam kerja sama ekonomi antar negara melalui tanya jawab

5. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antar negara melalui diskusi

6. Mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia melaui diskusi

B. Materi Pembelajaran :

1. Pengertian kerja sama ekonomi antar negar

2. Faktor-faktor penyebab terjadinya kerja sma ekonomi antar begara

3. Tujuan kerja sama ekonomi antar negara

4. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi antar negara

5. Bentuk-bentuk kerja sama antar negara

6. Badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia

C. Metode Pembelajaran :

  1. Ceramah bervariasi c. Tanya jawab e. Penugasan
  2. Diskusi d. Inquiri

D. Langkah Kegiatan Pembelajaran :

Pertemuan I

Materi : - Pengertian kerja sama ekonomi antar negara

- Faktor-faktor penyebab terjadinya kerja sama ekonomi antar negara

a. Pendahuluan :

1. Apersepsi : Sebagai kelompok manusia, bangsa-bangsa di dunia memerlukan kerja sama dengan bangsa lain

2. Motivasi : Kerja samanya di bidang apa saja ?

b. Kegiatan Inti :

1. Membagi kelas menjadi 10 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang

2. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang :

- pengertian kerja sama ekonomi antar negara

- faktor-faktor penyebab terjadinya kerja sama ekonomi antar negara

3. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi, yang lain menanggapi

4. Melakukan penilaian melalui kegiatan diskusi, presentasi

c. Penutup :

1. Guru melakukan penguatan dan refleksi umum

2. memberikan beberapa pertanyaan tentang materi di atas

3. Memberi tugas untuk membaca materi selanjutnya (untuk pertemuan akan datang)

Pertemuan II

Materi : - Tujuan kerja sama ekonomi antar negara

- Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kerja sama ekonomi antar negara

a. Pendahuluan :

1. Apersepsi : Setiap kegiatan pasti ada tujuannya, untuk mencapainya tidaklah selalu

berjalan lancar, pasti ada hambatannya.

2. Motivasi : - Tahukah kalian apa tujuan kerja sama ekonomi antar negara ?

- Kira-kira apa pula hambatannya ?

b. Kegiatan Inti :

1. Membagi kelas menjadi 10 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang

2. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang :

- tujuan kerja sama ekonomi antar negara

- hambatan yang dihadapi dalam kerja sama ekonomi antar negara

3. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi, yang lain menanggapi

4. Melakukan penilaian melalui kegiatan diskusi, presentasi

c. Penutup :

1. Guru menyimpulkan melakukan penguatan serta refleksi umum

2. Memberikan beberapa pertanyaan tentang materi di atas

3. Memberi tugas untuk membaca materi selanjutnya (untuk pertemuan akan datang)

Pertemuan III :

Materi : - Bentuk-bentuk kerja sama anatar negara

- Badan-badan kerja sama ekonomi yang berfisifat regional maupun multilateral

yang penting bagi Indonesia

a. Pendahuluan :

1. Apersepsi : Kerja sama antar negara banyak bentuknya

2. Motivasi : Apa sajakah bentuk-bentuk kerja sama tersebut ?

b. Kegiatan Inti :

1. Membagi kelas menjadi 10 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang

2. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang :

- bentuk-bentuk kerja sama antar negara

- badan-badan kerja sama ekonomi yang berfisifat regional maupun multilateral

yang penting bagi Indonesia

3. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi, yang lain menanggapi

4. Melakukan penilaian melalui kegiatan diskusi, presentasi

c. Penutup :

1. Guru menyimpulkan melakukan penguatan serta refleksi umum

2. Memberikan beberapa pertanyaan tentang materi di atas

3. Guru meminta siswa untuk mengumpulkan hasil kerja kelompok yang sudah direvisi

E. Sumber Bahan dan Media :

- Guru IPS Ekonomi - Media cetak - Daftar organisasi kerja sama

- Buku materi IPS - Media elektronik ekonomi antar negara

F. Penilaian :

1. Teknik Penilaian :

a. Tes tulis

b. Tes lisan

2. Bentuk Instrumen :

a.. Tes tulis : Tes uraian dan pilihan ganda

b. Tes lisan : Daftar pertanyaan

3. Bentuk tes/soal/instrumen :

Tes tulis :

a. Tes uraian

1. Jelaskan pengertian kerja sama ekonomi antar negara !

2. Sebutkan hambatan-hambatan kerja sama ekonomi antar negara !

b. Pilihan ganda :

1. Timbulnya kerja sama internasional di bidang ekonomi, karena ...

a. tingkat kemakmuran tiap negara berbeda

b. hasil-hasil produksi tip negara tidak sama

c. negara-negara berkembang membutuhkan bantuan

d. negara-negara maju memiliki kelebihan hasil

2. Hal-hal yang menghambat kerja sama ekonomi antar negara, salah satunya adalah

a. adanya peperangan antar negara

b. bentuk negaranya

c. letak geografis negara

d. jumlah penduduknya

Tes lisan :

Daftar pertanyaan :

1. Sebutkan tujuan kerja sama ekonomi antar negara !

2. Sebutkan bentuk-bentuk kerja sama ekonomi antar negara !

Rubrik Penilaian Diskusi

No

Nama siswa

Aspek yang dinilai

Juml. Skor

Nilai akhir

Keaktifan

Kerja sama

Presentasi

Teknik bertanya

Teknik menjawab

1 - 5

1 - 5

1 - 5

1 - 5

1 - 5

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui

Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran IPS

Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. DARMAWAN, MM

Nip : 131 847 230 Nip : 132 009 727

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP/MTS : SMP NEGERI 1 DUDUKSAMPEYAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/ Semester : IX / 2

Standar kompetensi : 7. Memahami Perubahan Pemerintahan dan Kerja Sama

Internasional

Kompetensi Dasar : 7.5. Mengidentifikasi dampak kerja sama antar negara terhadap

perekonomian Indonesia

Indikator :

- Mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi regional dan multilateral

- Mendeskripsikan dampak kerja sama ekonomi antar negara terhadap perekonomian Indonesia

Alokasi Waktu : 2 JP (1 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :

Setelah selesai mengikuti pembelajaran, siswa dapat :

1 Mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi regional dan multilateral melalui diskusi

2. Mendeskripsikan dampak kerja sama ekonomi antar negara terhadap perekonomian Indonesia melalui diskusi

B. Materi Pembelajaran :

1 Badan-badan kerja sama ekonomi regional dan multilateral

2. Dampak kerja sama ekonomi antar negara terhadap perekonomian Indonesia

C. Metode Pembelajaran :

  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi
  3. Penugasan

D. Langkah Kegiatan Pembelajaran :

Materi : 1 Badan-badan kerja sama ekonomi regional dan multilateral

2. Dampak kerja sama ekonomi antar negara terhadap perekonomian Indonesia

a. Pendahuluan :

1. Motivasi : Apa yang dapat kita rasakan dari kerja sama antar negara ?

b. Kegiatan Inti :

1. Membagi kelas menjadi 10 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang

2. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang :

- badan-badan kerja sama ekonomi di dunia

- dampak kerja sama ekonomi antar negara

3. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi, yang lain menanggapi

4. Melakukan penilaian melalui kegiatan diskusi, presentasi

c. Penutup :

1. Guru melakukan penguatan dan refleksi umum

2. Memberikan beberapa pertanyaan tentang materi di atas

3. Mengumpulkan hasil kerja kelompok

E. Sumber Bahan dan Media :

- Guru IPS Ekonomi - Media cetak - Daftar organisasi kerja sama

- Buku materi IPS - Media elektronik ekonomi antar negara

F. Penilaian :

1. Teknik Penilaian :

a. Tes tulis

b. Penugasan

c. Diskusi

2. Bentuk Instrumen :

a.. Uraian

b. PR

c. Rubrik diskusi

3. Bentuk tes/soal/instrumen :

Tes tulis :

a. Tes uraian

Sebutkan badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional !

b. PR :

Apakah dampak kerja sama ekonomi antar negara bagi perekonomian Indonesia ?

c. Rubrik penilaian diskusi :

No

Nama siswa

Aspek yang dinilai

Juml. Skor

Nilai akhir

Keaktifan

Kerja sama

Presentasi

Teknik bertanya

Teknik menjawab

1 - 5

1 - 5

1 - 5

1 - 5

1 - 5

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui

Kepala SMP N 1 Dudukspy Guru Mata Pelajaran IPS

Drs. H. IMRON, M.Pd. Drs. DARMAWAN, MM

Nip : 131 847 230 Nip : 132 009 727

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...