multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

RPP IPA KELAS VII SEMESTER GENAP

RENCANA PEMBELAJARAN

Jenis Sekolah : SMP

Mata Pelajaran : Sains - Biologi

Kelas / Semester : 7 / 2

Waktu : 2 X 45 Menit

I. Standart Kompetensi

Mengidentifikasi komponen – komponen ekosistem dan saling ketergantungan antar komponen serta melakukan upayah pengolahan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.

II. Kompetensi Dasar

4.1 Menentukan komponen penyusunan ekosistem dan saling hubungan antar komponen

III. Indikator

- Mengidentifikasi satuan – satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber utama pada ekosistem Biologi.

IV. Model Pembelajaran

- Langsung.

- Observasi.

- Diskusi.

V. Sumber Pembelajaran

- Buku biologi kelas VII, MGMP Gresik.

- Buku panduan lembar kerja siswa.

- Lingkungan sekitar

VI. Alat Dan Bahan

Bahan :

- Kebun halaman sekolah.

VII. Langkah – Langkah Pembelajaran

A. Pendahuluan

Pertemuan I

Guru bertanya :

- Prasayarat pengetahuan :

- Memahami perbedaan makhluk hidup dan benda mati.

- Memahamai bahwa tumbuhan menghasilkan makanan sendiri dengan cara berfotositesis.

Motivasi :

- Apakah makhluk hidup tergantung pada benda mati.?

- Bagaimana seandainya tidak ada sinar matahari. ?

- Guru menuliskan tujuan pembelajaran di papan tulis

B. Kegiatan Inti

- Siswa dibagi dalam beberapa kelompok masing – masing 4 sampai dengan 5 siswa.

- Guru memberitahukan rencana kegiatan pengamatan komponen – komponen ekosistem dikebun sekolah, kemudian siswa diajak ke kebon halaman sekolah.

- Siswa mendata semua komponen yang ada di kebun sekolah dan mengkalisifikasikan dalam 2 kelompok, termasuk benda mati ataukah makhluk hidup.

- Siswa diminta mendiskusikan manfaat sinar matahari bagi makhluk hidup baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

- Guru membimbing diskusi kelas, siswa memberikan tanggapan atas metri presentasi yang dilakukan temannya.

- Siswa diminta menghubungkan proses fotosintesis yang dilakukan tumbuhan dengan aliran energi yang terjadi pada hewan dan manusia.

- Guru menyimpulkan bahwa hewan dan manusia secara langsung maupun tidak langsung memperoleh energi dari tumbuhan dan tumbuhan memperoleh energi dari matahari melalui proses fotosintesis.

- Guru memberi penegasan bahwa ekosistem berbentuk dari komponen – komponen biotik yang terdiri atas benda - benda mati termasuk, cahaya matahari yang merupakan sumber energi utama bagi makhluk hidup.

C. Penutup

- Guru menguatkan pemahaman siswa dengan cara meminta menyebutkan komponen – komponen biotik dan abiotik yang menyusun ekosistem lain ( sawah, sungai, lapangan, rumput dst ).

Penilaian :

- Kuis tentang komponen penyusun suatu ekosistem.

- Memberi tugas pekerjaan rumah.

Kelompok :

- Membuat carta aliran energi dalam suatu ekosistem.

RENCANA PEMBELAJARAN

Jenis Sekolah : SMP

Mata Pelajaran : Sains - Biologi

Kelas / Semester : 7 / 2

Waktu : 2 X 45 Menit

I. Standart Kompetensi

Mengidentifikasi komponen – komponen ekosistem dan saling ketergantungan antar komponen serta melakukan upayah pengolahan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.

II. Kompetensi Dasar

4.1 Menentukan komponen penyusunan ekosistem dan saling hubungan antar komponen

III. Indikator

- Mengambar diagaram ranting makanan dan jaring – jaring makanan, serta menjelaskan peran tiap tingkatan trofi.

IV. Model Pembelajaran

- Pembelajaran langsung,

- Observasi.

- Diskusi.

- Demonstrasi.

V. Sumber Pembelajaran

- Buku biologi kelas VII, MGMP Gresik.

- Buku panduan lembar kerja siswa.

- Lingkungan sekitar

VI. Alat Dan Bahan

Bahan :

- Gambar – gambar tumbuhan, hewan dan manusia.

- Selotip, dan gunting

VII. Langkah – Langkah Pembelajaran

A. Pendahuluan

Pertemuan II

Guru bertanya :

Prasayarat pengetahuan :

- Memahami ciri –ciri makhluk hidup.

- Memahami komponen – komponen ekosistem..

Motivasi :

- Apakah yang menjadi makanan bagi kambing.

- Apakah sama makanan yang dikonsumsi tiap – tiap hewan.

- Guru menuliskan tujuan pembelajaran di papan tulis.

B. Kegiatan Inti

- Guru membagi siswa menjadi bebrapa kelompok diantaranya 4 sampai dengan 5 siswa.

- Setiap kelompok diberi 12 gambar ( hewan, tumbuhan dan manusia ).

- Siswa diperintahkan entuk menyusun peristiwa urutan makanan sebanyak-banyaknya dan mencatatnya.

- Guru membimbing diskusi kelas agar setiap kelompok menaggapi contoh yang di tulis siswa.

- Guru memerintahkan untuk menggabungkan satu rantai makanan dengan ratai –rantai makanan lainya.

- Siswa diminta mengidentifikasi rantai makanan dan jaringan makanan, kemudian guru memberikan penegasan atas definisi terebut.

C. Penutup

- Guru menguatkan pemahaman siswa dengan cara meminta menyebutkan komponen – komponen biotik dan anbiotik yang menyusun ekosistem lain ( sawah, sungai, lapangn, rumput dst ).

Penilaian :

- Kuis tentang komponen penyusun suatu ekosistem.

- Memberi tugas pekerjaan rumah.

Kelompok :

- Unjuk kerja.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SMP Negeri 1 Cerme

Mata Pelajaran : IPA

Kelas / Semester : VII / Ganjil

Standar Kompetensi : 5. Mengamati gejala-gejala alam melalui pengamatan.

Kompetensi Dasar : 5.1 Melaksanakan pengamatan obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik.

Indikator : Membadingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada obyek biotik melalui pengamatan

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran siswa dapat :

Membedakan gejala alam kebendaan dan kejadian pada obyek biotik dan abiotik serta menyimpulkan data, mengolah data, mengolah data dan menyimpulkannya.

2. Materi Pembelajaran

Gejala alam biotik dan abiotik:

  1. Jenis-jenis gejala alam biotik.

a. Tumbuh dan berkembang.

b. Melakukan makan dan minum.

c. Bernafas.

d. Berkembang biak.

e. Melakukan pengeluaran.

  1. Jenis-jenis gejala alam abiotik.

a. Diam / tidak bergerak.

b. Tidak makan tidak minum.

c. Tidak bernafas.

d. Tidak berkembang biak.

3. Metode Pembelajaran / Teknik

Pengajaran Langsung dan Kooperatif.

4. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan

Memberikan Motivasi :

- Pernahkan kalian pergi ke sawah?

- Apa saja yang ada di sawah?

- Apakah lapangan rumput juga memeliki komponen yang sama dengan di sawah?

- Manuliskan tujuan pembelajaran

b. Kegiatan Inti

- Membagi siswa menjadi 7 kelompok

- Membagi LKS pada masing-masing kelompk menuju lingkunga sekolah, kemudian mengamati dan mencatat pada obyek biotik dan abiotik.

- Secara berkelompok mendiskusikan hasil pengamatan.

- Kelompok yang selesai lebih dulu diberi penghargaan.

- Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengamatan dan ditanggapi oleh kelompok lain.

- Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang melakukan pendataan analisis, dan kesimpulan dengan baik dan benar.

- Bersama guru membuat kesimpulan.

c. Kegiatan Penutup

- Guru menguatkan kesimpulan dengan menguatkan konsep yang sudah di dapat.

- Kuis.

- Memberikan tugas rumah.

5. Sumber Belajar

- Buku IPA kelas VII

- LKS

- Lingkungan Sekolah

6. Penilaian

a. Teknik : Observasi

b. Bentuk : Lembar Observasi

c. Instrumen :

Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek biotik?

a. bau.

b. tumbuh

c. warna

d. ukuran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah : SMP NEGERI

Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM

Kelas / Semester : VII / DUA

Standar Kompetensi : 5. Memahami Gejala-gejala Alam Melalui Pengamatan

Kompetensi Dasar : 5.2 Menganalisis Data Percobaan Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Serta Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari.

Indikator : ­ Menemukan persamaan laju yang ditempuh.

- Membuat grafik perpindahan terhadap waktu melalui percobaan dengan laju tetap.

- Mengamati Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dengan Ticker Timer.

- Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu.

Jenis teks : Menunjukkan konsep Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).

Tema : Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).

Aspek / Skill : ………………………

Alokasi waktu : 3 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran siswa dapat :

Meyebutkan ciri Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).

Menyebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Menemukan besaran-besaran baru yang berhubungan dengan gerak.

Menjelaskan perbedaan antara jarak dan perpindahan

2. Materi Pembelajaran

Gerak Lurus Beraturan (GLB).

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).

1. Metode Pembelajaran / Teknik :

…………………………………..

2. Langkah-Langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan

Dua siswa disuruh memperagakan apa perbedaan bergerak, bergetar dan berpindah.

b. Kegiatan Inti

Siswa melakukan percobaan dengan menggunakan pewaktu ketik ( Ticker timer).

Meluncurkan kelereng pada bidang miring.

Menggelindingkan bola ditanah datar.

Membuat grafik hubungan antara kecepatan dan waktu serta jarak dan waktu pada gerak lurus beraturan.

Menuliskan rumusan serta menghitung jarak yang ditempuh dan kecepatannya.

c. Kegiatan Penutup

Uji kemampuan menguasai konsep bab gerak lurus dengan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan.

3. Sumber Belajar

- Buku siswa

- LKS

- Buku Referensi

4. Penilaian

a. Teknik : Tes Tulis dan Tes Unjuk Kerja

b. Bentuk : Isian dan Uji Petik Kerja Prosedur

c. Instrumen : …………………………………..

1. Jelaskan ciri Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) !

2. Sebutkan 3 contoh GLB dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari !

3. buatlah grafik kecepatan dan waktu dari percobaan yang kamu lakukan !

4. Amatilah potongan pita setiap 10 ketikan pada percobaan GLB dan GLBB !

Apa yang dapat kamu simpulkan !

5. Sebuah bus melaju dijalan raya selama 15 menit, pertama bus tersebut menempuh jarak 10 Km, 15 menit berikutnya 15 Km dan 30 menit berikutnya 20 Km. Hitunglah kecepatan rata-ratanya ?

d. Pedoman Penilaian

SMP Negeri 2 Kebomas

JUMA’YAH

NIP. 131 254 968

LEMBAR KERJA SISWA

Kegiatan 1

Tujuan : Untuk membedakan gejala alam kebendaan dan kejadian pada obyek biotik dan abiotik.

Alat dan bahan : a. Lup

b. Kertas Kerja

c. Alat Tulis

Langkah Kegiatan

1. Pergilah ke halaman sekolah / lapangan rumput.

2. Amati kejadian pada obyek biotik dab abiotik

3. Catatlah hasil pengamatan pada tabel.

Tabel Pengamatan

No.

Benda Hidup (Biotik)

Benda Mati (Abiotik)

Nama

Gejala

Nama

Gejala











Pertanyaan

1. Apakah nama lingkungan tempat kegiatanmu tersebut?

Jawab : ………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2. Ada berapa macam komponen biotik yang kamu jumpai?

Jawab : ………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3. Apakah yang membedakan antara komponen biotik dan abiotik?

Jawab : ………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4. Apakah yang dimaksud dengan lingkungan?

Jawab : ………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5. Sebutkan macam-macam lingkungan biotik pada tempat kegiatan di atas?

Jawab : ………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

6. Berdasarkan kegiatan yang telah kamu lakukan, kesimpulan apakah yang dapat kamu peroleh?

Jawab : ………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

RUBRIK PENILAIAN HASIL PENGAMATAN

No.

Kelompok

Aspek yang dinilai

Skor

Nilai

Data Hasil Pengamatan

Jawaban Pertanyaan

Kesimpulan

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.













Kriteria Penilaian

· Skor 4 : Data lengkap dan benar

3 : Data lengkap dan sebagian besar benar

2 : Data lengkap dan sebagian kecil benar

1 : Data tidak lengkap dan sebagian kecil benar

· Skor 4 : Jawaban lengkap dan benar

3 : Jawaban lengkap dan sebagian besar benar

2 : Jawaban lengkap dan sebagian kecil benar

1 : Jawaban tidak lengkap dan sebagian kecil benar

· Skor 4 : Kesimpulan lengkap dan benar

3 : Kesimpulan lengkap dan sebagian besar benar

2 : Kesimpulan lengkap dan sebagian kecil benar

1 : Data tidak lengkap dan sebagian kecil benar

Skor Maksimal : 12

Skor Minimal : 4

Nilai :

No.

Uraian

Skor

1.

2.

3.

4.

5.

Pertanyaan

Sebutkan jenis-jenis gejala alam biotik?

Sebutkan jenis-jenis gejala alam abiotik?

Mengapa matahari termasuk gejala alam abiotik?

Jelaskan pengertian tentang pertumbuhan?

Jelaskan pengertian tentang perkembangan?



1.

2.

3.

4.

5.

Kunci Jawaban

Tumbuh, berkembang, makan, bergerak, bernafas, berkembang biak, dan mengeluarkan zat sisa.

Diam, tidak makan dan minum, tidak bernafas, dan tidak berkembang biak.

Karena matahari tidak termasuk ciri-ciri mahluk hidup.

Proses perubahan volume dan jumlah sel yang mengakibatkan bertambah besarnya ukuran tubuh mahluk hidup.

Proses berupahnya sel-sel untuk membentuk struktur dan fungsi tertentu.

2

2

2

2

2

Jumlah

10

Cerme, 30 September 2006

Guru Mata Pelajaran IPA

Drs. ANDIK BASUKI

SK. 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem

KD. 7.2.1. Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem

UPAYA PELESTARIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

( MAKHLUK HIDUP )

Upaya pelestarian keanekargman makhluk hidup yang telah kita pelajari merupakan keanekaragaman hayati. Sumber daya alam hayati adalah dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kehidupan hidupnya . Manusia memanfaatkan hewan , tumbuhan dan mikro organisme untuk memenuhi keperluan, seperti bahan makanan, sandang, perumahan dansebagainya . Miskipun keanekaragaman hayati itu dapat dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan, tetapi keberadaannya perlu untuk dilestarikan. Untuk itu pemanfaat sumber daya alam hayati harus dengan perhitungan atau pertimbangan yang sangat tepat sehingga tidak merugikan generasi mendatang. Berbagai jenis sumber daya alam hayati dapat kita temukan didalam hutan.

Karena itulah dirasakan perlu adanya usaha pelestarian hutan dan hewan liar guna menjaga keseimbangan ekosistem

Kegiatan 7.2.1

Apa tujuan penyelidikan ?

Mengetahui upaya pelestarian keanekaragaman hayati

Apa yang ahrus kamu perlukan ?

Buku-buku tentang pelestarian tumbuhan dan hewan langka

Apa yng harus kamu kerjakan ?

  1. Bacalah buku-buku yng membahas tentang pelestarian budidayakan tumbuhan serta hewan langka.
  2. Mengumpulkan tulisan-tulisan yang terkait dengan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan serta hewan langka yang dilindungi
  3. Jawablah pertayaan dibawah ini

Pertanyaan

  1. Menurut pendapat kalian . Mengapa kita harus melestarikan dan membudidayakan tumbuhan serta hewan langka?
  2. Penurunan jumlah keanekaragaman makhluk hidup dapat terjadi karena factor alam seperti bencana alam dan campur tangan manusia. Sebutkan 3 kegiatan manusia yang dapat menurunkan keanekaragaman makhluk hidup
  3. Usaha apakah yang dilakukan manusia untuk melestarikan satwa langka

MENGENAL TUMBUHAN DAN HEWAN LANGKA YANG DILINDUNGI

DI INDONESIA

Tugas Proyek

Kegiatan 7.2.2

Rangkuman Materi

Manusia adalah makhluk hidup yang paling mempengaruhi keberadan mahluk hidup lain, seperti hewan dan tumbuhan. Manusia seringkali melakukan aktifitas kehidupannya tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan . Penebangan pohon dan perburuhan hewan secara liar menyebabkan langkanya jenis-jenis tumbuhan tertentu dan punahnya hewan-hewan langka

Apa tujuan penyelidikan ?

Untuk mengenal tumbuhan dan hewan langka

Apa yang kalian perlukan ?

Alat dan bahan

  1. Buku-buku tentang flora dan fauna di Indonesia
  2. Artikel dari berbagai media masa

Apa yang harus kamu kerjakan ?

  1. Bacala buku-buku yang membahas tentang flora dan fauna di Indonesia
  2. Gambarlah 8 fauna langka dan 2 flora langka pada kotak yanf disediakan atau foto kopilah 8 fauna dan 2 flora langka yang dilindungi di Indonesi, kemudian tempelkan pada kotak yang disediakan.











































Lengkapilah tabel berikut

No

Nama Indonesia

Nama Ilmiah

Daerah Penyebaran

1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







MENGENAL TAMAN NASIONAL DI INDONESIA

Kegiatan 7.2.3

Rangkuman meteri

Pelestarian keanekaragaman makhluk yang berupa hutan, hewan liar, maupun hewan dan tumbuhan lanka dapat dilakukan dengan membuat cagar alam, suaka margasatwa, taman nasional, taman wisata dan taman laut.

1.Apa tujuan penyelidikan?

Untuk mengenal taman nasional di Indonesia

2.Apa yang kamu perlukan?

Buku-buku tentang flora dan fauna di Indonesia

3.Apa yang harus kamu kerjakan?

a. Pelajarilah buku-buku tentang flora dan fauna di Indonesia, terutama yang membahas taman nasional.

b. Lengkapilah tabel berikut, kemudian jawablah pertanyaan

No.

Nama Taman Nasional

Letak

Flora/fauna yang dilindungi









































Pertanyaan:

1. Apa yang dimaksud dengan Taman Nasional ?

......................................................................

......................................................................

......................................................................

2.Sebutkan lima kriteria pokok Taman Nasional ?

......................................................................

......................................................................

......................................................................

3. Berilah 10 contoh Taman Nasional lain selain yang kamu masukkan dalam tabel ?

......................................................................

......................................................................

.....................................................................

MENDATA JUAL BELI HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA YANG DILINDUNGI

Kegiatan 7.2.4.

Setelah kalian mempelajari dan memahami mengenai pelestarian sumber daya alam hayati, cobalah mendata jenis-jenis hewan dan tumbuhan dilindungi yang diperjual belikan. Lakukan kegiatan ini secara berkelompok di rumah atau di perpustakaan

1. Apa tujuan penyelidikan ?

Agar kita peduli terhadap hewan-hewan dan tumbuhan yang dilindungi

2. Apa yang kamu perlukan ?

Alat dan bahan

Buku-buku tetang flora dan fauna langka yang dilindungi di Indonesia Artikel, koran, majalah , internet

3. Apa yang harus kmu kerjakan ?

a. Mendata jenis hewan dan tumbuhan dilindungi yang diperjual belikan. Hal ini mungkin pernah kalian ketahui , temukan atau setelah klian membaca koran , majalah dan sebagainya

b. Mendata jenis hewan peliharaan yang dlindungi atau jenis tumbuhan langka yang mungkin ada di lingkungan sekitar kalian.

Diskusi

  1. Alasan-alasan apakaha yang menyebabkan hewan dan tumbuhan yang dilindungi dapat diperjual belikan?
  2. Bagaimana akibatny apabila hal tersebut teru berlangsung ?
  3. Menurut pendapat kalian upaya-upaya apakah yang dapat dilakukan agar hewan dan tumbuhan yang dilindungi tidak diperjual belikan ?

Kegiatan 7.2.5

Buatlah tulisan dalam bentuk majalah dinding, leaflet atau artikel beserta foto/gambarnya mengenai jenis dan manfaat tumbuhan dan hewan langka yang dilindungi . Carilah informasi dari majalah , buku, atau internet. Kalian juga boleh mencari informasi dari nara sumber.

Soal

A. Pilihan Ganda !

  1. Binatang-binatang yang perlu dilindungi ialah yang .....

a. merupakan sumber protein c. Mudah dimangsa binatangbuas

b. langka d. Jumlah turunannya kecil

  1. Salah atu alasan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka supaya ....

a. terjaminnya ketersediaan plasma nutfah

b. jumlah tumbuhan dan hewan tidak berkurang

c. menambah keindahan alam

d. memutus kelangsungan daur hara yang ada di alam

  1. Bila salah satu jenis populasi tumbuhan dalam ekosistem hutan di musnahkan maka .............

a. tidak ada spesies hewan yang ikut punah

b. semua populasi tumbuhan akan musnah

c. keseimbangan kehidupan hutan terganggu

d. hanya umbuhan itu saja yang musnah

  1. Hewan berikut yang secara alami hanya ditemukan di Indonesia adalah .......

a. Urangi Anoa c. gajah

b. Orang hutan d. Badak

  1. Tindakan berikut yang dapat mengurangi keanekaragaman hayati adalah .....

a. melakukan reboisasi c. Membakar hutan

b. membangun cagar alam d. Menangkarkan hewan

  1. Rhinoceros sondaicus ( badak bercula satu ) dilinungi di taman Nasional ......

a. Meru Betiri c. Ujung kulon

b. Gnung Leuser d. Baluran

  1. Harimau jawa dan harimau sumatra merupakan keanekaragaman hayati tingkatan ......

a. Populsi c. gen

b. Jenis d. Ekosistem

  1. Fauna lindung berikut yang tidak ditemukan di Pulau Sulawesi adalah .......

a. Anoa c. babirusa

b. Gajah d. Burung maleo

  1. Taman Nasional berikut yang berlokasi di propinsi jawa berat adalah ......

a. Ujung kulon c. Gunung Gede Pangrango

b. Kepulauan seribu d. Menu Betiri

  1. Secara alamiah bunga Rafflesia arnoldi antara lain ditemukan di hutan-hutan di pulau .........

a. Sulawesi c. Kalimantan

b. Sumatra d. Jawa

  1. Taman Nasional Kerinci Seblat terletak di propinsi berikut , kecuali ........

a. Jambi c. Sumatra selatan

b. Bengkulu d. Sumatara utara

  1. Taman Nasional berikut yang terkenal dengan keindahan taman lautnya adalah ......

a. Ujung kulon c. Kepuluan seribu

b. Bunaken d. Baluran

  1. Flora berikut dilindungi di Indonesia, kecuali .........

a. Cendana c. Sawo kecik

b. Sonokeling d. Durian

  1. Hutan sering disebut dengan paru-paru dunia karena .......

a. melindungi berbagai fauna langka

b. menghasilkan devisa negara

c. menyimpan cadangan air

d. menghasilkan oksigen sebagai hasil sampingan fotosintesis

  1. Kawasan berikut yang dibiarkan sealamiah mungkin adalah ......

a. cagar alam c. Hutan produktif

b. kebun binatang d. Taman kota

  1. Keanekaragaman hayati tingkat ekosistem yang melindung pantai dari abrasi adalah .......

a. stepa c. Hutan bakau

b. gurun pasir d. hutan hujan tropis

  1. Tindakan berikut dapat meneruskan keanekaragaman hayati, kecuali .......

a. berburu hewan langka

b. menangkap ikan dengan pukat harimau

c. membuka hutan dengan cara membkarnya

d. membangun banyak cagar alam

  1. Perlindungan terhadap flora sekligus faunanya dilakukan di ..........

a. kebun botani c. Suaka margasatwa

b. cagar alam d. tman hutan raya

  1. Berikut ini usaha-usaha pelestarian keanekaragaman makhluk hidup , kecuali .......

a. memelihara hewan langka di rumah

b. budidaya kultur jaringan

c. penangkapan musiman

d. sistem tebang pilih

  1. Perbuatan manusia yang tidak merusak lingkungan adalah ........

a. penbangan hutan untuk lahan perumahan

b. penangkapan ikan dengan jaring

c. penebangan hutan untuk lahan pertanian

d. perburuan binatang liar

B. Essay !

  1. Makhluk hidup digolongkan langka apabila
  2. Sebutkan 2 contoh hean langka di pulau jawa
  3. Sebutkan lima taman nasional di pulau jawa
  4. apakah yang dimaksud dengan suakamarga satwa
  5. Mengapa hutan perlu dijaga kelestariannya ?

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah : SMP NEGRI

Mata pelajaran : IPA

Kelas / Semester : VII / Satu

Sekolah Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem

Kompetensi Dasar : 7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan .

Indikator : 1. Menjelaskan permasalahan yang timbul akibat populasi penduduk.

2. Menjelaskan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air dan udara bersih.

3. Menjelaskan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan dan ketersediaan lahan.

4. Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk dengan kerusakan lingkungan.

Tema : Saling ketergantungan

Alokasi waktu : 2 x 40 ( 4 jam pelajaran )

1. Tujuan pembelajaran

~ Menjelaskan permasalahan yang timbul akibat populasi penduduk.

~ Menjelaskan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air dan udara bersih.

~ Menjelaskan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan dan kesediaan lahan.

~ Menyebutkan dampak negatif terhadap kerusakan lingkungan.

2. Materi pembelajaran

~ Populasi manusia dan permasalannya

~ Pengaruh kepadatan populasi terhadap lingkungan

~ Peranan manusia dalam pengelolahan lingkungan

1. Metode pembelajaran / Teknik:

2. Langkah – langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan

~ Motivasi dan Apresiasi

- Apa akaibat kepadatan populasi

~ prasyarat

- Apa populasi itu

b. Kegiatan inti

~ Guru membimbing peserta didik dalam memebentuk kelompok.

~ Secara kelompok peserta didik mendiskusikan pengaruh kepadatan populasi terhadap lingkungan sekitar

~ Setiap wakil kelompok maju kedepan untuk memprosentasikan hasil diskusi

~ Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberi informasi yang benar

~ Peserta didik menyimpulkan informasi dari guru

c. Kegiatan Penutup

~ Guru dan peserta didik membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar

~ Guru memberi tes untuk mengetahui daya serap materi yang sudah dipelajari

~ Guru memberi tugas rumah

3. Sumber belajar

a. Buku bahan ajar

b. LKS

c. Buku referensi

d. Lingkungan

4. Penilaian

a. Teknik : Tes tertulis

b. Bentuk : Isian

c. Instrumen : Tes isian

Jawablah pertanyaan ini dengan tepat

1. Jelaskan permasalahan yang timbul akibat populasi penduduk

2. Sebutkan pengaruh kepadatan populasi terhadap lingkungan

3. Jelaskan pengaruh kepadatan terhadap kebutuhan air dan udara

4. Sebutkan masalah yang timbul terhadap kesedian lahan akibat kepadatan populasi

BAHAN AJAR 6

MATA PELAJARAN : BIOLOGI

KELAS / SEMESTER : X / 1

STANDAR KOMPETENSI : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem

KOMPETENSI DASAR : 7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia

terhadap lingkungan .

MATERI

Permasalahan yang timbul akibat kepadatan populasi, akan berdampak pada luas kerusakan lingkungan .

Pengaruh kepadatan populasi terhadap lingkungan akan berdampak pada timbulnya masalah antara lain :

1. kebutuhan air dan udara bersih.

2. kebutuhan bahan pangan berkurang.

3. ketersediaan lahan.

Pengaruh populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan :

1. Menurunnya sanitasi kota, tumbuhnya pemukiman kumuh,pencemaran air.

2. Hutan menjadi gundul dan fungsi hidrologis dari hutan menurun sehingga timbul banjir tanah longsor.

PERTANYAAN

  1. Jelaskan masalah yang timbul akibat kepadatan populasi manusia
  2. Jelaskan hubungan populasi penduduk dengan :

a. kebutuhan air

b. kebutuhan udara bersih

c. kebutuhan pangan

d. kerusakan lingkungan

KEPADATAN POPULASI MANUSIA

Ringkasan Materi I

KEPADATAN PENDUDUK

Kelebihan manusia bila dibandingkan dengan mahluk hidup lain di dalam lingkungan, adalah manusia lebih mudah beradaptasi dengan segala kondisi lingkungan, omnivora dan yang lebih penting lagi manusia mempunyai akal pikiran. Kelebihan ini yang menyebabkan manusia dapat menang dalam kompetisi dengan mahluk hidup lain. Sehingga jumlah manusia di bumi semakin meningkat seiring dengan perjalanan waktu. Sementara luas buni tidak bertambah. Hal ini menyebabkan kepadatan populasi manusia dari waktu ke waktu semakin bertambah. Pertambahan populasi manusia yang terus meningkat memerlukan sandang, pangan dan tempat tinggal serta sarana lainnya yang bertambah pula. Dengan demikian sumber daya alam yang diperlukan juga semakin bertambah.

Kepadatan pupulasi manusia dikenal juga dengan kepadatan penduduk. Kepadatan penduduk pada suatu daerah dapat dihitung dengan membandingkan jumlah penduduk dalam satuan luas tertentu. Yang dapat kita tulis dengan rumus sebagai berikut :

Banyaknya penduduk

Kepadatan penduduk =

Luas daerah (wilayah)

Kepadatan Penduduk = jumlah penduduk

Luas daerah

Kepadatan penduduk setiap saat dapat berubah. Perubahan jumlah penduduk dalam suatu negara dalam kurun waktu tertentu disebut dinamika penduduk. Adapun faktor yang mempengaruhi perubahan kepadatan penduduk antara lain :

1. Natalitas (angka kelahiran)

Jumlah bayi lahir dalam 1 tahun

Natalitas = X 1000

Jumlah penduduk dalam tahun tersebut

Kelahiran mendorong terjadinya pertumbuhan penduduk. Tingkat kelahiran digunakan mengukur banyaknya bayi lahir, dan dinyatakan dalam angka yang disebut angka kelahiran (natalitas). Natalitas adalah jumlah kelahiran yang hidup tiap 1000 penduduk per tahun.

Kreteria angka kelahiran adalah sebagai berikut :

  1. Natalitas tinggi bila angka kelahiran >30
  2. Natalitas sedang bila angka kelahiran antara 20 – 30
  3. Natalitas kecil abapila angka kelahiran <>

2. Mortalitas (angka kematian)

Mortalitas dihitung dari jumlah kematian tiap 1000 penduduk dalam satu tahun





Jumlah kematian dalam 1 tahun

Mortalitas = X 1000

Jumlah penduduk dalam 1 tahun



Kreteria angka kematian adalah sebagai berikut ;

  1. Mortalitas tinggi jika angka kematian > 18
  2. Mortalitas sedang jika angka kematian antara 14 – 18
  3. Mortalitas rendah jika angka kematian <>

3. Migrasi

Migrasi merupakan perpindahan penduduk dari satu tempat ke tampat lain. Migrasi dibedakan menjadi:

a. Transmigrasi, perpindahan penduduk dari pulau yang padat penduduknya de pulau yang jarang penduduknya

b. Urabanisasi, perpindahn penduduk dari desa ke kota

c. Imigrasi, perpindahan penduduk dari luar negrri ke dalam negri

d. Emigrasi, perpindahan penduduk dari dalam negri ke luar negri

e. Remigrasi, perpindahan penduduk untuk kembali ke negri asalnya.

Usaha usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi laju pertumbuhan penduduk dapat dilakukan dengan cara :

a. Keluarga Berencana (KB )

b. Meningkatkan produksi pangan

c. Mewujudkan Norma Keluarga Kecil Bahagia Dan Sejahtera (NKKBS)

d. Penyebaran penduduk yang merata

e. Menambah lapangan kerja

f. Meningkatkan pendidikan





Kegiatan 1



Tujuan : Menghitung kepadatan manusia di dalam kelas

Alat : Penggaris

Cara Kerja :

    1. Hirunglah luas ruang kelasmu dalam meter persegi.

a. Lebar …………….m

b. Panjang …………..m

c. Luas ………………m2

    1. Hitung jumlah penghuni kelasmu

Laki – laki …………..orang

Perempuan …………..orang

    1. Hitunglah kepadatan populasi kelasmu

Ringkasan Materi II

PERMASALAHAN AKIBAT KEPADATAN POPULASI

Untuk keperluan hidupnya manusia membutuhkan pangan, pakaian, tempat tinggal, air, udara dan kebutuhan – kebutuhan lainnya. Apabila jumlah penduduk meningkat maka kebutuhan – kebutuhan tersebut akan meningkat pula. Kegiatan di bidang industri meningkat, penggunaan kendaraan bermotor juga meningkat, dan produksi sampah semakin banyak pula, serta masih banyak lagi kegiatan - kegiatan lain yang terus meningkat. Hal ini dapat menimbulkan berbagai permasalahan akan kebutuhan sumber daya alam yang besar dan kerusakan lingkungan.

Kepadatan penduduk juga dapat menimbulkan maslah dalam bidang kesejahteraan, keamanan, sosial ekonomi, serta ruang gerak.

Kegiatan 2



Tujuan : Memperkirankan akibat yang ditimbulkan akibat kepadatan penduduk

Alat dan Bahan ;

1. Baki plastik persegi 2 buah

2. Tanah secukupnya

3. Biji kacang hijau 60 butir

4. Air

Cara Kerja :

1. Masukkan tanah ke dalam dua baki plastik dengan ukuran yang sama, dan berilah label A dan B

2. Tanamlah 10 biji kacang hijau pada baki A dan 50 biji kacang hijau pada baki B. kemudian siramlah dengan air secukupnya.

3. Siramlah secukupnya setiap pagi sampai biji kacang hijau tumbuh.

4. Amatilah pertumbuhan kacang hijau pada baki A dan pada baki B. Kemudian bandingkan hasilnya!

Baki

Jumlah individu

Biomassa

Tinggi

Ket

Baki A









Baki B









Pertanyaan :

  1. Berapakah kepadatan populasi tanaman kacang hijau pada baki A dan B?
  2. Dari kedua baki tersebut, manakah kacang hijau yang tumbuh labih baik dan manakah yang pertumbuhannya kurang baik?
  3. Faktor apasaja yang menyebabkan pertumbuhan kacang hijau baik?
  4. Faktor – faktor apa sajakah yang menyebabkan pertumbuhan tanaman kacang hijau kurang baik?
  5. Diskusikan dengan kelompokmu, jika tanaman kacang hijau tersebut dianalogikan dengan kepadatan penduduk, masalah apa yang mungkin terjadi?





Kegiatan 3



Tujuan : Memperkirakan kebutuhan sumber daya alam berdasarkan jumlah penduduk

Alat dan Bahan : Kertas dan Pensil

Bahan Diskusi :

1. Penduduk Kabupaten Gresik kurang lebih sebesar 5 juta jiwa. Bila setiap orang membutuhkan beras sebanyak 1,5 ons perhari, berapa ton beras yang dibutuhakan oleh penduduk kabupaten Gresik dalam sehari? Berapa kebutuhannya sebulan? Berapa pula kebutuhan setahun? (1 bulan = 30 hari )?

Kebutuhan beras dalam sehari =……………. X …………….

= ………..ons

= ……… ton

Kebutuhan beras dalam sebulan = ………..ton X 30 hari

= ………..ton

Kebutuhan beras dalam satu tahun = ……… ton X 12 bulan

= ………..ton

2. Jika setiap penduduk memerlukan kain sepanjang 3 meter setiap lebaran berapa meter kain yang harus tersedia untuk seluruh penduduk Kabupaten Gresik dalam menghadapi lebaran?

Kebutuhan kain setiap lebaran = ………… X …………..

= ………….m

3. Jika setiap penduduk memerlukan air bersih 20 liter berapa air bersih yang dibutuhkan oleh semua penduduk Kabupaten Gresik dalam setahun?

Kebutuhan air dalam sehari = …….. X …….

= ……..liter

Kebutuhan air dalam sebulan = ……..liter X 30 hari

= ……..liter

Kebutuah air dalam setahun = ……..liter X 12 bulan

= ……….liter

4. Jika setiap rumah memerlukan minyak tanah sebanyak 10 liter perminggu, berapa liter minyak tanah yang harus disediakan pemerintah Kabupaten Gresik dalam setahun?

Kebutuhan minyak perbulan = ………….X 4 minggu

= ………….liter

Kebutuhan minyak setahun = ………….liter X 12 bulan

= ………….liter





Kegiatan 4



Tujuan : Memperkirakan permasalahan lingkungan akibat peledakan penduduk

Bahan Diskusi :

  1. Mengapa kotakota besar pada umumnya berpenduduk padat?
  2. Bagaimanakah kondisi perumahan mereka?
  3. Permasalahan apa saja yang timbul di perkotaan selain perumahan yang padat ?

Ringkasan Materi III

MENGHITUNG RATA – RATA PERUBAHAN PENDUDUK

Angka pertumbuhan penduduk pertahun (AP) dapat ditunjukkan dengan prosentase. Angka ini diperoleh dengan cara menghitung angka kelahiran (AK) dan angka kematian (AM). Adapun rumus angka pertumbuhan penduduk pertahun dapat dihitung dengan rumus :







Hitunglah % (AP) dari beberapa benua, wilayah maupun dunia berdasarkan data berikut

ini !

Wilayah

AK(per1000)

AM(per 1000)

%AP

Afrika

48

18



Asia

29

12



Amerika Utara

15

8



Amerika Latin

13

8



Eropa

14

10



Dunia

27

9



Diskusikan dengan kelompokmu !

  1. Benua mana atau wilayah manakah yang memiliki pola pertumbuhan yang lebih besar dari rata- rata pertumbuhan dunia?
  2. Benua atau wilayah mana saja yang memiliki pola pertumbuhan lebih kecil dari rata – rata pertumbuhan dunia?

Latihan Soal

A. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat.

  1. Sekelompok manusia yang menempati suatu daerah tertentu dalam kurung waktu tertentu disebut ….

a. individu b. habitat c. penduduk d. keluarga

  1. Perubahan penduduk suatu negara dari waktu ke waktu disebut ….

a. pertumbuhan penduduk c. perubahan penduduk

b. statistik penduduk d. dinamika penduduk

  1. Jika laju kelahiran bayi 30 bayi tiap 1000 orang per tahun, maka laju kelahiran bayi tersebut termasuk katagori ….

a. rendah b. sedang c. tinggi d. sangat tinggi

  1. Jika laju kematian bayi dibawah umur 1 tahun adalah 110 orang tiap 1000 orang, maka laju kematian bayi tersebut termasuk katagori ….

a. individu b. sedang c. tinggi d. sangat tinggi

  1. Kepadatan penduduk adalah ….

a. jumlah penduduk yang selalu bertambah

b. pertumbuhan yang sangat besar

c. jumlah penduduk dalam satuan areal tertentu dalam kurung waktu tertentu.

d. Perubahan penduduk akibat adanya kelahiran, kematian dan migrasi.

  1. Tanpa memperhitungkan migrasi, pertumbuhan penduduk terjadi apabila ….

a. jumlah kelahiran tidak seimbang dengan jumlah kematian

b. jumlah kehiran seimbang dengan jumlah kematian

c. jumlah kelahiran lebih besar daripada jumlah kematian

d. jumlah kelahiran lebih kecil daripada jumlah kematian

  1. Banyaknya kendaran di kota besar dapat mr\enghasilkn gas …

a. SO2 dan O2 b. CO dan CO2 c. H2O dan CO2 d. CO2 dan O2

  1. Usaha yang paling tepat untuk mengatsi laju pertumbuhan penduduk di Indonesia adalah ….

a. meningkat produksi pangan c. program keluarga sejahtera

b. memperluas daerah pertanian d. program keluarga berencana

  1. Untuk meningkatkan gizi balita, kesejahteraan ibu dan anak, serta pemberantasan penyakit diare, pemerintah membentuk suatu lembaga ….

a. BKKBN b. Posyandu c. BKIA d. PPKB

  1. Cara terbaik untuk menghambat laju pertumbuhan peduduk adalah ….

a. mengurangi jumlah kematian c. mengurangi jumlah kelahiran

b. mempercepat kelahiran d. menambah jumlah kematian

  1. Penggangguran merupakan salah satu masalah yang timbul akibat ledakan penduduk. Usaha yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah ….

a. menciptakan lapangan kerja c. memperketat persaingan kerja

b. melaksanakan keluarga berencana d. meningkatkan produksi pangan

  1. Salah satu cara untuk menghambat laju pertumbuhan penduduk adalah dengan keluarga berencana. Berikut ini yang merupakan program keluarga berencana yang diikuti oleh kaum pria adalah ….

a. IUD/spiral b. pil kontrasepsi c. vasektomi d. tubektomi

  1. Permasalahan kependudukan yang tidak dihadapi Pemerintah dan negara Indonesia adalah ….

a. laju pertumbuhan penduduk yang tinggi c. kualitas penduduk yang rendah

b. penyebaran penduduk yang tidak merata d. pencemaran udara

  1. Berikut ini bukan merupakan cara pencegahan kehamilan yang disarankan oleh program pemerintah untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk adalah ….

a. IUD b. pil KB c. kondom d. aborsi

  1. Kualitas penduduk sangat ditentukan oleh faktor faktor berikut ini, kecuali …..

a. tingkat pendidikan c. banyaknya kendaraan

b. sarana pelayanan keshatan habitat d. tersedianya makanan yang bergizi

B. Jawablah dengan singkat

  1. Apakah yang dimaksud kepadatan penduduk? Sebutkan usaha – usaha yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi kepadatan penduduk!

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  1. Sebutkan faktor yang mempengauhi dinamika kependudukan di Indonesia

……….………………………………………………………………………………...………………………………………………………………………………………………

  1. Masalah apa sajakah yang ditimbulkan oleh ledakan penduduk ? Jelaskan !

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  1. Jelaskan pengaruh kepadatan penduduk terhadap ketersedian sumber daya alam, misalnya air dan alam!

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  1. Mengapa di kota besar lebih padat penduduknya daripada di desa? Sebutkan permasalahan yang timbul!

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

RENCANA PEMBELAJARAN

Jenis Sekolah : SMP

Mata Pelajaran : Sains - Biologi

Kelas / Semester : 7 / 2

Waktu : 2 X 45 Menit

I. Standart Kompetensi

Mengidentifikasi komponen – komponen ekosistem dan saling ketergantungan antar komponen serta melakukan upayah pengolahan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.

II. Kompetensi Dasar

4.2 Mempredisikan peran manusia dalam pengolahaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan dan melaporkan dalam bentuk kerja tulis, laporan pengamatan atau percobaan..

III. Indikator

- Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan ( misalnya : kondisi tanah, keanekaragaman hayati dll ) dan upayah mengatasinya.

IV. Model Pembelajaran

Diskusi.

V. Sumber Pembelajaran

- Buku biologi kelas VII, MGMP Gresik.

- Sains biologi SMP

- Koran dan majalah.

VI Alat Dan Bahan

-

-

VII Langkah – Langkah Pembelajaran

A. Pendahuluan

Pertemuan I

Guru bertanya :

Prasayarat pengetahuan :

- Pengaruh meningkatnya populis penduduk terhadap kerusakan lingkungan.

Motivasi :

- apakah penyebap terjadinya banjir pacet dan mojokerto ?

- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

B. Kegiatan Inti

- Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok.

- Masing – masing kelompok disuruh berdiskusi mengumpulkan data tentang kerusakan lingkungan yang terjadi disekitar kita.

- Salah satu anggota masing – masing kelompok di minta membacakan hari disaksikanya ke depan dan ditanggapi oleh kelompok yang lain apa penyebap dari kerusakan lingkungan terebut.

- Guru memantau jalannya diskusi dan memberi penghargaan kepada kelompok yang bagus.

- Guru mempertegas penyebap terjadinya kerusakan lingkungan dan akibatnya.

C. Penutup

- Guru bersama siswa membuat kesimpulan.

- Penilaian

- Individu :

Memberi kuis

- Kelompok :

Kinerja keraja tim.

- Memberikan tugas rumah untuk melalukannya pengkajian pustaka untuk merumuskan pengaruh kerusakan dan pencemaran liungkungan terhadap keanekaragaman terhadap keragaman hayati dan kualitas hidup manusia.

RENCANA PEMBELAJARAN

Jenis Sekolah : SMP

Mata Pelajaran : Sains - Biologi

Kelas / Semester : 7 / 2

Waktu : 2 X 45 Menit

I. Standart Kompetensi

Mengidentifikasi komponen – komponen ekosistem dan saling ketergantungan antar komponen serta melakukan upayah pengolahan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.

II. Kompetensi Dasar

4.3 Mempredisikan peran manusia dalam pengolahaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan dan melaporkan dalam bentuk kerja tulis, laporan pengamatan atau percobaan..

III. Indikator

- Menejelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah. kaitanya dengan aktifitas manusia dan uapayah mengatasinya.

IV. Model Pembelajaran

- Pemberian tugas.

- Diskusi.

V. Sumber Pembelajaran

- Buku biologi kelas VII, MGMP Gresik.

- Sains biologi SMP

- Koran dan majalah.

VI. Alat Dan Bahan

-

VII. Langkah – Langkah Pembelajaran

A. Pendahuluan

Pertemuan II

Guru bertanya :

Prasayarat pengetahuan :

- Pengaruh kerusakan lingkungan terhadap kondisi tanah, dan keragaman hayati.

Motivasi :

- Apakah yang menyebapkan udara semakin lama semakin panas

- Apa yang menyebapkan ikan – ikan kecil disungai benyak yang mati.

- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti

- Dari tugas pertemuan yang lalu setiap kelompok disuruh mempersentasikan hasil belajar.

- Setelah semua kelompok maju, setiap kelompok disuruh mendiskusikan apa saja yang menyebapkan terjadinya pencemaran air, udara dan tanah.

C. Penutupan

- Guru bersama siswa membuat kesimpulan.

- Kelompok

Kinerja kerja

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive