multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Pembelajaran Menulis Puisi Kreatif Melalui Aplikasi Sumber Pembelajaran Alam

Sumber pembelajaran Alam memudahkan siswa untuk berimajinasi dan berkreasi.Untuk memunculkan kata-kata sebagai landasan puisi,diaplikasikan strategi menulis puisi formulasi.

Puisi formulasi adalah puisi yang menggunakan formula, atau rumus. Formula yang digunakan adalah,formula warna (colour foem ),formula pengandaian (lie poe ),formula indra (five sense poem ) formula saya berharap (I wiss poem ) dan formula preposisi (preposition poem ).

Pada kegiatan inti pembelajaran,siswa diajak belajar di luar kelas.Di alam terbuka tersebut siswa mengamati dan merenung bersama teman-teman dalam kelompoknya.

Siswa diarahkan untuk menuliskan apa yang dilihat,yang didengar dan apa yang dirasakan dari alam, (aplikasi formula indra (five sense poem ) dalam kata-kata.Dari pengindraan tersebut siswa diajak berandai-andai,dengan melanjutkan kata-kata : andaikan …………..(formula pengandaian ), aku ingin…. (formula saya berharap ), di sini ( formula preposisi)….wahai Tuhanku…..

Setelah formula kata-kata tergali,siswa diarahkan untuk menyusun kata-kata tersebut menjadi tulisan puisi.Kata-kata itu disusun memperhatikan unsure-unsur puisi,yaitu rima,pilihan kata,bahasa puisi,pelarikan dan perbaitan.

Agar puisi tulisan siswa itu betul-betul bermakna,dan kreativitas tercermin dalam karyanya.Siswa diajak mencari umpan balikan dari teman dalam kelompoknya,maupun dari guru.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive