Pembelajaran Kreatif Bahasa Inggris dengan LAGU RELIGI di Sekolah Dasar (SD)

Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh guru bahasa Inggris di Sekolah Dasar, dengan kaitannya untuk menciptak iman dan takqa (Imtaq) adalah “teaching English throught songs”.Yaitu pembelajaran bahasa Inggris melalui lagu-lagu.

Manfaat yang didapat siswa dengan pembelajaran dengan lagu dalam kaitannya dengan imtaq, diharapkan dapat mengimplementasikan dalam pembiasaan sehari-hari.Hal itu merupakan perwujudan nilai imtaq yang telah diintegrasikan dalam pembelajaran.
Lagu-lagu yang dipilih harus disesuaikan subtansi nilai imtaq yang diintegrasikan dalam pembelajaran bahasa Inggris.Artinya harus relevan dengan kompetensi Dasar dan Ketrampilan Berbahasa yang akan diajarkan kepada Siswa.
Lagu-lagu religi bisa dikarang atau dimodifikasi oleh guru menggunakan nada lagu yang sudah familier di masyarakat luas Khususnya anak-anak.

Misalnya
Twinkle-Twinkle Little Star
Are You Sleeping
Old Mac Donald’s.
Bintang Kecil
Balonku Ada Lima,Pelangi,dan
Pada Hari Minggu

Syair syair lagu tersebut diubah ke bahasa Inggris yang bermuatan imtaq. Bisa juga menggunakan lagu-lagu religi yang sudah ada pada rekaman dan beredar di masyarakat,baik yang sudah popular maupun yang belum.

Yang harus diingat lagu-lagu tersebut hendaknya memenuhi criteria sebagai berikut :
1.Tata Bahasanya benar, kosakata dan kalimat sesuai usia anak
2.Isi lagu mudah dimengerti,mudah diingat dengan nada yang tida terlalu rumit.
3. Tempo lagu tidak erlalu cepat dan tidak terlalu lam

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...