Pembelajaran Inovasi Bahasa Inggris SMP dengan Menerapkan model JAZZ CHANT

Teknik Jazz Chant, merupakan teknik mempraktikkan ujaran-ujaran bahasa Inggris dengan irama dan beat JAZZ pendek yang mudah ditirukan oleh siswa.
Menurut Graham (1978) menyebutkan bahwa Jazz Chant adalah ungkapan ritmik dalam bahasa Inggris standar Amerika yang dikemas dalam konteks situasi.Ungkapan ritmik direkam sebagai omodel yang ditirukan siswa dalam tempo dan beat dalam irama Jazz Pendek.
Implementasi model Jazz Chant, ini termasuk dalam upaya mempraktikan Quantum Teaching dalam Kelas. Quantum Teaching adalah penggubahan belajar yang menyenangkan dengan segala kaitan interaksi dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar.Fokusnya pada hubungan yang dinamis dalam lingkungan kelas,interaksi yang memberikan landasan dan kerangka untuk belajar (De Porter,2003 )

Pelaksanaan

1.Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok
2.Pada tahapan persiapan guru mencatat respon ujaran-ujaran bahasa Inggris yang tidak dapat diucapkan oleh siswa..
3.Sebagai alat bantu, guru menggunakan tape recorder untuk memutar contoh-contoh jazz chant.
4.Pada periode ini ,guru menekankan pada primary tense dan simple presen tense.

Untuk mningkatkan kemampuan mengucapkan siswa dalam membaca nyaring (reading siswa direkam satu=aloud)khususnya suara-suara vocal (a,e dan u ).
Secara garis besar siswa dierikan layihan (drill) beberapa model chant dengan suara-suara dominan tertentu.
Setelah latihan chant ,diuji kemampuan siswa dalam mengucapkan kata-kata bersuara tertentu dengan membaca nyaring kalimat sederhana.Untuk keakuratan data,suara siswa direkam satu persatu.Penilaian dilakukan secara sederhana dengan menghitung jumlah betul dan salah masing-masing siswa.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...