multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Hati-hati Menggunakan Wikipedia ( Alert ! )



Anda pelajar ato mahasiswa? tentu anda tak asing lagi dengan wikipedia, sebuah situs ensiklopedia terkenal. Sangat banyak pelajar dan mahasiswa yang menggunakan wikipedia sebagai sumber rujukan untuk tugas sekolah ato kuliahnya. Tapi berhati-hatilah, karena para penulis wikipedia bisa berasal dari siapa saja tanpa diketahui kredibilitasnya. Jadi jangan heran jika saat ini banyak dosen yang memberi nilai rendah kepada mahasiswanya yang menggunakan wikipedia sebagai sumber rujukan.


Dan ternyata peringatan untuk berhati-hati menggunakan wikipedia juga telah menyebar ke seluruh dunia. Di Inggris, Ofqual, regulator yang mengurusi soal tes dan ujian, mengeluarkan anjuran bahwa para murid harus menjauhi Wikipedia, dan sebaliknya mendekati Google dan Yahoo.

Ofqual mengatakan, situs ensiklopedia yang menjadi rujukan banyak orang itu tidak semuanya akurat dan bahkan ada yang memuat fakta yang salah. Tulisan di Wikipedia dibuat oleh banyak kontributor dari pembaca sehingga memungkinkan kesalahan terjadi.

Para pelajar bisa dengan mudah terjebak dengan hal ini, karena mereka sering mengkopi begitu saja setiap penggalan di situs Wikipedia. Aksi ini juga dikecam karena mereka mengkopi secara utuh, sehingga aksi para pelajar tersebut mengarah pada bentuk plagiat.

Ofqual mengatakan, dalam beberapa tahun sudah banyak pelajar yang tesnya dicabut ataupun dilarang ikut tes karena ketahuan copy-paste dari internet. Salah satu tanda yang menunjukkan para pelajar telah mengunduh dari situs luar diketahui dari frase dan ejaan yang memakai Inggris-Amerika.

Meski sudah memberikan peringatan kepada pihak sekolah dan orangtua mengenai hal di atas, namun mereka diimbau untuk tidak lantas melarang pelajar memakai internet.

Ofqual menganjurkan agar pelajar yang mengambil data dari situs sebaiknya dirujuk. Selain itu, sebaiknya pelajar memanfaatkan sumber online yang terpercaya.

Dikutip dari Telegraph, search engine Google dan Yahoo ‘dinobatkan’ Ofqual sebagai permulaan yang bagus untuk melakukan penelitian.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive