multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

model,metode pembelajaran

1.Jigsaw
a.Kel.awal.bagi siswa dalam kelompok kecil beranggotakan 5 orang masing-masing beri tugas yang berbeda
b.Kel.Ahli.siswa yang memiliki tugas yang sama berkumpul untuk membahas dan membentuk kesepakatan tentang jawaban dari tugasnya
c.Kel.Serangkai.siswa kembali ke kelompok awal,kemudian siswa secara bergiliran menyampaikan hasil dari kel.ahli kepada teman dalam kelompoknya.
d.Presentasi dan klarifikasi hasil

2 Tinggal,2 Tamu
a.Satu kelompok beranggotakan 4 siswa
b.Beri tugas untuk berdiskusi
c.Setelah selesai ,dua siswa bertamu ke kelompok lain
d.dua siswa yang tinggal menginformasikan hasil diskusinya kepada dua tamunya
e.Tamu kembali ke kelompok dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain

3.Time token
a.Semua siswa diberi kartu bicara
b.Di dalam kelompok siswa yang sudah menyampaikan pendapat harus menyerhkan kartu- kartunya
c.Denikian seterusnya sampai siswa yang kartunya sudah habis tidak berhak bicara



4.Think-Pair-Share
a.Thing(berpikir);beri kesempatan siswa untuk mencari jawaban tugas secara mandiri
b.Pairing (berpasangan) :bertukar pikiran dengan teman sebangku
c.Sharing(berbagi)berdiskusi dengan pasangan lain (menjadi 4 siswa.

5.Metode Quantum
Lima prinsip dalam quantum :
1.segalanya berbicara
2.segalanya bertujuan
3.pengalaman sebelum pemberian nama
4.akui setiap usaha
5.jika layak dipelajari layak ula dirayakan

6.Model pembelajaran kooperatif
1.meyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
2.menyajikan informasi
3.mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar
4.membimbing kelompok bekerja dan belajar
5.evaluasi
6.memberikan penghargaan





7.Numbered Head Together (kepala bernomor)
1.siswa dibagi dalam kelompok,setiap siswa dalam setiap kelompok dapat nomor
2.guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3.kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap anggota kelompok dapat mengejakan atau mengetahui jawabannya.
4.guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
5.tanggapan dari teman yang lain,kemudian guru menunjuk nomor siswa yang lain.
6.kesimpulan

8.Student Team Achievment Divisions (STAD)
(tim Siswa Kelompok Prestasi)

1.membentuk kelompok yang anggotanya =4 orang secara heterogen (campuran menurut jenis kelamin,prestasi,suku,dll)
2.guru menyajikan pelajaran
3.guru member tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok,anggota yang tahu menjelaskan kepada anggota kelompok yang lain sampai semua anggota kelompok itu mengerti.
4.guru member kuis atau pertanyaan kepada seluruh siswa,pada saat menjawab kuis tidak boleh salang membantu.
5.memberi evaluasi
6.kesimpulan




9.Contekstual Teaching and Learning (CTL)

1.Konstruktivistik
2.Inkuiri
3.Pertanyaan
4.Pemodelan
5.Masyarakat Belajar
6.Penilaian Autentik
7.Refleksi
10.Jigsay Model Tim Ahli


1.siswa dikelompokkan kedalam 4 anggota tim
2.tiap orang dalam anggota tim diberi materi yang berbeda
3.tiap orang dalam tim diberi materi yang ditugaskan
4anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian /sub bab yangsama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka.
5.setelah selesai kelompok ahli kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan anggota yang alinnya mendengarkan dengan sungguh –sungguh.
6.tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
7.guru member masukan
8.penutup

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive