multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Angsa Bertelur Emas di Yogyakarta !


Cerita rakyat atau cerita dongeng ini sangat terkenal di kalangan masyarakat. Cerita ini banyak memberikan nilai atau motivasi bagi sang pembacanya. Cerita aesop lebih sering dikenal dengan cerita sia angsa bertelur emas. Bagiamana cerita angsa bertelur emas tersebut? Berikut ceritanya :

" Disuatu pagi hari yang cerah, seorang petani yang miskin terbangun dari tidur panjangnya. Dia mengeliat dan merapikan tempat tidurnya. Sambil berjalan keluar rumah, petani tersebut melamun sambil memikirkan nasibnya yang miskin itu. Dilihatnya, beras untuk makan dia dalam sebulan ini tinggal sedikit. Padahal dia sudah tidak mempunyai uang lagi. Akhirnya sang petani berkeinginan untuk menjual angsanya. Kemudian sang petani bergegas menuju kandang angsa dibelakang rumahnya. Ketika sang petani sampai di kandang angsanya, dia menjadi terkejut.....


Dia melihat di tempat angsanya tergeletak sebuah telur emas. Dia merasa tidak percaya, dia pukul-pukul pipinya untuk meastikan bahwa dia tidak bermimpi. Kemudian sang petani memungut telur emas tersebut sambil berteriak gembira. Dia sangat gembira sekali pagi itu.

Singkat cerita..sang petani akhirnya menjadi orang yang kaya raya. dan si Angsa itupun setiap paginya selalu bertelur emas. Akhirnya, pada suatu ketika muncul niat sang petani yang srakah. Dia ingin mendapatkan telur emas lebih banyak lagi. Dan akhirnya dia menyembelih si angsa untuk mendapatkan banyak telur emas dari dalam tubuh Angsa. Namun sayang, sang petani tidak mendapatkan apa-apa. Dia akhirnya sang petanipun menyesal..karena telah membunuh sang angsa. Sekarang dia tidak mempunyai penghasil telur emas lagi.."

Nah pembaca..begitulah hidup, kadang manusia tidak bisa menyeimbangkan antara produksi dengan kemampuan produksi. Yang akhirnya dia tidak bisa melakukan produksi dalam waktu yang lama..karena mereka tidak bisa menjaga tempat produksi barang berharga mereka. Untuk itu, jagalaa aset anda, jagalah kemampuan anda agar anda terus bisa berproduksi. Dan satu tips dari kami, ingatkan diri anda untuk selalu bersyukur.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive