multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Naasnya Nasib Harimau Sumatera !


Harimau Sumatera Dibunuh Di Kandang Lalu Dikuliti

Shela, harimau Sumatera (Panthera tigris Sumatrae) betina berusia 25 tahun yang dipelihara di Kebun Binatang Taman Rimba, Kota Jambi, dibunuh, dikuliti, lalu dibawa kabur.

“Harimau itu dibunuh dan dibawa kabur pelaku, dan yang ditinggal di dalam kandangnya hanya isi perut binatang buas tersebut,” kata Kasat Reskrim Poltabes Jambi AKP Posma Lubis.

Saat ini Poltabes Jambi sedang mengusut dan mengejar pelaku pembunuhan yang membawa kabur harimau seberat 125 kg tersebut.

Harimau sumatera yang juga binatang langka dan dilindungi tersebut memang menjadi incaran pelaku koleksi obset (binatang langka yang diawet dan dikeringkan) dan harganya juga cukup menggairahkan.

Saat ini sudah lima saksi yang diperiksa untuk dimintai keterangannya di polisi, di antaranya Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jambi Ir Hanif Lubis, Kepala Kebun Binatang Taman Rimba Jambi Adrianis, serta petugas kebun binatang, Widodo, M Nasir, dan Madikwan.

Sementara itu, kejadian tersebut pertama kali diketahui Madikwan, petugas kebun binatang yang hendak melakukan perawatan ke kandang harimau tersebut. Saat hendak masuk ke kandang harimau itu, yang ditemukan di dalam tinggal ceceran darah, isi perut, dan beberapa potong daging binatang buas tersebut.

Adapun semua bagian tubuhnya raib atau hilang, diduga dibawa kabur para pelaku yang diperkirakan lebih dari tiga orang.

Posma Lubis mengatakan, diduga pelaku sudah profesional dalam menjalankan aksinya itu. Hal itu terlihat dari tanda-tanda bekas yang ditinggalkan pelaku yang tidak merusak kandang harimau tersebut.

“Melihat kejadian ini, polisi sementara menduga para pelaku profesional dan memiliki jaringan luas di internasional (mancanegara),” kata Posma Lubis.

Para pelaku sampai saat ini masih terus dikejar dan Poltabes Jambi berjanji akan mengungkap kasus ini hingga tuntas.

Sebelumnya, harimau sumatera yang ada di kebun binatang Jambi ada tiga ekor, yakni Shela dan pasangannya, Rangga, yang beberapa bulan lalu diduga mati karena sakit dan sudah berusia tua.

Adapun seekor lagi bernama Salma, harimau sumatera jenis betina yang berhasil ditangkap di Kabupaten Muaro Jambi karena diduga telah memangsa manusia beberapa waktu lalu.

Salma setelah sempat dikarantina di kebun binatang Jambi kemudian dilepas kembali ke hutan di Provinsi Lampung pada beberapa bulan lalu.

Video ...

kompas.com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive