multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Ditemukan Bangkai Kapal Perang Inggris Tahun 1780


Bangkai HMS Ontario yang ditemukan penyelam_ISTLONDON - Para penyelam bawah laut mengumumkan penemuan bangkai kapal perang HMS Ontario yang tenggelam tahun 1780 setelah mencari selama tiga tahun. Kapal milik angkatan laut Inggris tersebut ditemukan di daerah Great Lakes, perbatasan AS dan Kanada.

Bangkai kapal ditemukan pemburu bangkai kapal Jim Kennard dan Dan Scoville di kedalaman 152 meter dan hanya dapat dicapai oleh penyelam berpengalaman. Mereka menggunakan alat pemindai sonar dan kapal selam mini tak berawak untuk mencari bangkai kapal tersebut.

Kapal sepanjang 24,4 meter dan dilengkapi 22 meriam itu tenggelam pada sebuah pertempuran 31 Oktober 1780. Sebanyak 130 orang diperkirakan ikut tenggelam di dalamnya, masing-masing 60 tentara Inggris, 40 kru dari Kanada, dan 30 tawanan perang dari Amerika.

Lokasi bangkai kapal saat ini masih dirahasiakan. Hanya disebutkan bahwa bangkai kapal berada di dekat pantai bagian selatan. Belum ada rencana untuk mengangkat bangkai kapal tersebut dan memindahkan artifak yang dibawanya.

HMS Ontario mungkin bangkai kapal perang Inggris tertua yang pernah ditemukan di perairan Amerika Utara. Bahkan, ia mungkin bangkai kapal yang ditemukan dalam kondisi utuh.

"Untuk menemukan kapal perang yang digunakan di masa revolusi dalam kondisi utuh hampir mustahil," ujar Arthur Britton Smith, penulis sejarah dari Kanada yang menulis sejarah HMS Ontario dalam bukunya The Legend of the Lake tahun 1997. Ia menyebut temuan ini sebagai salah satu keajaiban arkeologi.

Betapa tidak, meski tersangkut di perairan yang berarus deras, kapal tersebut tidak mengelami kerusakan berarti. Scoville mengatakan terdapat dua jendela yang tidak rusak sama sekali. Air laut yang dingin dengan kadar kadar cahaya dan oksigen rendah mungkin menjaga ketahanan bangkai kapal tersebut.

HMS Ontario dikenal sebagai salah satu kapal perang yang terkemuka. Namun, para pemburu telah mencari bangkai kapal tersebut selama bertahun-tahun namun selalu tanpa hasil. (BBC/Kompas.com/wah)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive