multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Rekor SMS Nonstop Pecah di Bandung


Rekor SMS Nonstop MURI (rou/inet)

Bandung - Indosat berhasil memecahkan rekor ketahanan dalam mengirim pesan singkat atau SMS selama 8 jam nonstop dengan menggunakan kartu prabayar CDMA StarOne.

Acara pemecahan rekor MURI yang dilangsungkan di Bandung, Selasa (20/5/2008) ini diikuti oleh 600 peserta dari berbagai usia. Acara dimulai sejak pukul 08.40 hingga 16.40 waktu setempat.

"Setiap jamnya mereka rata-rata mampu mengirimkan pesan singkat sampai 150 SMS secara berturut-turut," Tommy Rusdiana, Koordinator StarOne Bandung, menjelaskan dengan antusias kepada detikINET di Bandung.

Sejatinya, Indosat mengundang 1000 orang peserta, namun hanya 600 orang yang berani menerima tantangan SMS nonstop ini. Mayoritas yang hadir dari dari kalangan muda.

Proses pemecahan rekor ini harus dilalui peserta dengan mengirimkan 1300 jawaban atas pertanyaan yang diajukan, yang kemudian dikirimkan kembali melalui SMS ke nomor singkat yang ditentukan Indosat.

Sebelum acara ini diadakan, Indosat sebelumnya secara internal telah melakukan penelitian ketahanan SMS 8 jam nonstop kepada 30 orang. Waktu itu rata-rata dari mereka hanya mampu mengirimkan 100 SMS per jam.

"Namun pada kenyataannya, para peserta kali ini memiliki ketahanan mengirimkan 150 SMS per jam. Hal ini membuat kami harus menyediakan tambahan 300 soal lagi untuk memenuhi kebutuhan SMS selama 2 jam ke depan," ungkapnya.

Logikanya jika 600 peserta mampu mengirimkan SMS selama satu jam berturut-turut sebanyak total 150 SMS maka dalam waktu satu jam maka trafik yang masuk akan mencapai 90.000 SMS per jam.

Untungnya, jumlah BTS StarOne yang mencapai 61unit di Jawa Barat ini cukup mampu melayani trafik SMS pelanggan StarOne di Bandung. Sehinga hal ini tidak akan menyulitkan pihak Indosat untuk memecahkan rekor SMS nonstop.

"Dengan pelanggan sebesar itu, trafik SMS StarOne masih di bawah kapasitas karena pelanggannya masih sedikit. Kira-kira 25 persen dari total kapasitas SMS yang ada," pungkasnya.

Achmad Rouzni Noor II - detikinet

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive