multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Pengemis Elit Di Mesir

(ANTARA News) - Apabila penduduk dari negara miskin banyak yang menyusup ke negara kaya untuk mengais rezki, termasuk dengan jalan minta-minta, merupakan hal yang lumrah.

Namun warga negara kaya datang ke negara miskin untuk mengemis itu baru aneh bin ajaib.

Itulah fenomena baru pengemis di salah satu sudut kota Kairo, Mesir, seperti dilaporkan harian Al-Watan, Saudi, akhir pekan lalu.

Para pengemis musiman di ibu kota negeri Piramida itu biasanya meningkat pada saat liburan musim panas seperti sekarang ini terutama di daerah-daerah lokasi wisata yang banyak didatangi wisatawan manca Negara (wisman).

Tapi yang aneh dari situasi mengemis tahun ini adalah adanya sebagian pengemis dari negara-negara kawasan kaya minyak Teluk, umumnya kalangan pemuda dari warga Saudi.

Alasan mereka mengemis hampir seragam yakni uang mereka dicuri orang sehingga terpaksa mengemis untuk memenuhi kebutuhan sebelum kembali ke Negara asal.

Wisman yang dijadikan sasaran adalah umumnya sesama warga Saudi karena dengan mudah mendapatkan sejumlah uang yang diinginkan terutama atas nama solidaritas sesama warga Saudi.

Tapi Mahmoud Karim, seorang akuntan warga Mesir yang bekerja di sebuah restoran terkenal menyebutkan bahwa seorang pemuda Teluk yang dilihatnya mengemis pada siang hari, memanfaatkan hasil mengemis itu untuk ke diskotik di malam hari.

"Banyak lagi yang melakukan hal serupa selama masa liburan musim panas " tutur Mahmoud kepada Al-Watan tentang gejala baru yang disaksikannya itu.

Sebagian lagi mengakui terpaksa mengemis karena kehabisan biaya sewa apartemen, sementara pemilik amartemen menahan paspornya sehingga tidak bisa kembali ke Negara asal sebelum melunasi sewa.

Pihak Kedutaan Saudi di Kairo, masih menurut Al-Watan, tidak mendapatkan laporan tentang fenomena aneh tersebut.

"Yang jelas sebagian besar warga Saudi yang datang ke Mesir tidak melapor ke kedutaan," kata Mohamed Al-Turki.(*)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive