multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Peneliti New Zealand Teliti Cumi Raksasa



WELLINGTON, New Zealand - Sejumlah ilmuwan kelautan di New Zealand pada Selasa kemarin menghangatkan bangkai cumi-cumi dengan berat 1.089 pound dan panjang 26 kaki.

Cumi-cumi ini merupakan cumi-cumi terbesar di dunia yang pernah ditangkap. Para ilmuwan ingin menguak rahasia di balik cumi-cumi raksasa tersebut yang diklaim sebagai salah satu monster yang paling misterius di lautan.

Tidak ada seorang pun yang pernah melihat seekor cumi-cumi yang luar biasa besarnya, hidup dan berkembang biak di habitat aslinya di laut dalam.

Seperti dilansir Associated Press, ilmuwan New Zealand berharap bahwa penelitian mereka yang dimulai hari ini, sehingga akan membantu untuk memecahkan misteri hidup makhluk tersebut. Penelitian terhadap cumi-cumi raksasa tersebut akan disiarkan secara langsung via internet.

Cumi-cumi raksasa itu ditangkap secara tidak sengaja oleh nelayan pada tahun lalu. Hari Minggu kemarin, cumi-cumi tersebut diambil dari lemari pendingin, dan ditempatkan di dalam sebuah tangki yang dipenuhi dengan larutan garam.

Hari Selasa kemarin, es ditambahkan ke dalam tangki tersebut untuk memperlambat proses penghangatan, agar daging luar cumi-cumi tidak membusuk. Demikian dijelaskan oleh Carol Diebel, direktur lingkungan alam di museum nasional New Zealand, Te Papa Tongarewa.

Setelah cumi-cumi itu dihangatkan, ilmuwan akan meneliti karakter anatominya dengan mengangkat perut, paruh, dan bagian-bagian mulutnya. Serta mengambil contoh jaringannya guna analisis DNA, serta menentukan jenis kelaminnya.

Cumi-cumi raksasa telah lama menjadi salah satu penghuni laut dalam yang paling misterius. Ia dapat tumbuh sepanjang 46 kaki, dan dianggap sebagai pemburu agresif.
(kem)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive