multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Nexi, Robot Yang Pintar Meniru Ekspresi Wajah Manusia

Berbagai ekspresi wajah Nexi

Namanya Nexi. Robot ini pintar meniru eskpresi wajah manusia. Ia dapat terlihat sebal, marah, sedih, gembira, dan ekspresi lainnya.

Wajah Nexi dibuat seperti halnya wajah manusia. Nexi punya alis, kelopak mata, bola mata, hidung, dan tentu saja mulut. Nexi menggunakan semua bagian wajah itu untuk memperlihatkan ekspresi yang “dirasakannya”. Oya, di dahinya ada kamera kecil untuk merekam keadaan sekelilingnya.

Kepala dan tubuh Nexi

Selain pintar meniru dan memperlihatkan berbagai ekspresi wajah, Nexi juga dapat melakukan beberapa kepintaran lain. Nexi mampu menggerakkan kedua tangannya. Ia dapat mengangkat benda berbobot hingga sekitar 5 kilogram.

Untuk bergerak, Nexi menggunakan roda. Meski belum dilengkapi kemampuan berjalan menggunakan dua kaki seperti halnya ASIMO, Nexi sudah lincah bergerak ke mana saja.

Oya, Nexi dibuat oleh para ahli robot dari MIT (Massachusetts Institute of Technology). Untuk bagian kepala, mereka membuatnya bekerjasama dengan para ahli dari Xitome Design. Sedangkan bagian tubuh, dikerjakan bekerjasama dengan Laboratory for Perceptual Robotics UMASS Amherst. Sains


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive