multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Indonesia Kehilangan Timor-Timur Gara-Gara Penyadapan


Peta Timor Timur (ist)

Yogyakarta - Kepala Lembaga Sandi Negara (LSN), Nachrowi Ramli, dalam Seminar Hari Kesadaran Keamanan Informasi di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Kamis (24/4/2008) mengatakan aksi penyadapan satelit menjadi salah satu faktor lepasnya Timor-Timur dari Indonesia.

Nachrowi mengutarakan, pada tahun 1997 Australia kedapatan menyadap satelit Palapa. "Maka tidak usah heran jika Timor-Timur akhirnya merdeka dengan dukungan Australia, karena mereka sudah tahu seluk-beluk informasi Timor-Timur yang kita bicarakan di dalam negeri," ujarnya.

LSN merupakan lembaga non-departemen yang berkepentingan dalam menjaga keamanan informasi dengan teknologi penyandian (kriptografi). Setiap lembaga pemerintahan dari tingkat pusat hingga kabupaten, menurut Nachrowi, memiliki setidaknya satu orang yang mengurusi pengkodean informasi.

Bambang Karsono, perwakilan dari Badan Intelijen Nasional, mengatakan urusan sadap-menyadap memang sudah lumrah. Apalagi dengan makin maraknya pemanfaatan teknologi informasi di dunia.

"Di setiap kedutaan (Indonesia di luar negeri) ada orang BIN yang mengurusi hal ini. Indonesia memang sering disadap oleh negara lain," tukas Bambang.

Ismail, dari Indonesia Security Incidents Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII), berpendapat bahwa jaringan telekomunikasi saat ini sudah sedemikian terbuka. Sehingga, lanjutnya, tidak ada yang bisa dikatakan benar-benar aman dalam sistem informasi negara.

Oleh karena itu, Ismail melanjutkan, diperlukan lembaga seperti LSN. LSN disebut memiliki peran seperti National Security Agency di Amerika Serikat.

Fino Yurio Kristo - detikinet

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive