multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Hati-Hati Dengan HP Palsu




Anda mungkin pernah ditawari seseorang yang menawarkan ponsel Nokia dengan harga yang sangat-sangat murah. Sebaiknya Anda lebih waspada jika bertemu penjual seperti itu. Bisa jadi ponsel yang dijualnya adalah ponsel palsu. Loh kok? Simak hasil penelusuran Sinyal berikut.

Saat ini pasar ponsel agak sedikit terganggu sebab beredar tipe-tipe ponsel yang aspal, tampang asli tapi palsu. Seperti yang Sinyal telesuri pada beberapa pedagang di ITC Roxi Mas minggu lalu. “Memang ada, tapi mereka itu bukan pedagang di sini, tapi datang dan berkeliling mencari mangsa (pelanggan) kemudian menawarkannya langsung ke pelanggan,” tandasnya ketika di konfirmasi Sinyal.”Para pedagang ini ponsel palsu ini biasanya mencari pelanggan yang terlihat lugu dan kurang mengerti masalah ponsel jadi mudah dikelabui,” tambahnya.

Walau begitu peredaran ponsel aspal tersebut sampai saat ini masih sedikit dan hanya ditemui pada merek Nokia tipe tertentu saja. Tipe-tipe ponsel Nokia yang sudah banyak dipalsukan adalah Nokia N70, N73, N95 8GB dan E90. Wajar saja, ponsel tersebut memang tergolong laris manis, dan harganya cukup tinggi.

Umumnya ponsel-ponsel palsu tersebut dijual masih gres (baru) tanpa menyertakan dus pelengkap, dan dijual jauh lebih murah dibanding harga ponsel aslinya. Misalnya Nokia N95 8GB palsu yang dijual pada kisaran 1,6 jutaan, padahal barang aslinya ponsel tersebut dijual sekitar 5,6 jutaan.

Sebenarnya membedakan Nokia palsu ini tidaklah terlalu sulit, bagi Anda yang kesehariannya bermain dengan ponsel dengan sekali pegang saja dapat merasakan perbedaannya. Namun, tentu saja di pusat penjualan ponsel seperti Roxy Mas, tidak ada toko yang berani memajang ponsel gadungan ini. Alhasil, penjual ponsel palsu ini bergerilya mencari pembeli yang tergiur dengan ponsel canggih berharga miring.

Namun, Menurut salah seorang sumber, ponsel-ponsel palsu tersebut merupakan pabrikan cina yang diberi nama Nokia. Bisa sampai beredar disini melalui jalur gelap dan dijual melalui orang per orang, belum sampai dijual di toko. Nah jika ada seseorang yang menawarkan ponsel dengan harga tidak rasional dan memiliki ciri-ciri seperti berikut sebaiknya Anda lebih berhati-hati.

- Ponsel masih baru dan tidak dijual dengan dus resmi, tapi dijual dengan harga yang sangat murah
- Kualitas suara terdengar jelek dan pecah, Anda bisa mengujinya dengan memutarkan lagu
- Casing ponsel sekilas terlihat mirip aslinya, namun jika diperiksa lebih diteliti terbuat dari bahan yang berbeda
- Bobot ponsel palsu lebih ringan
- Huruf-huruf pada menu ponsel terlihat berbeda

Sinyal

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive