multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Google Bangun Jaringan Internet Bawah Laut

Sebuah grup yang terdiri dari 6 perusahaan termasuk Google mengumumkan kepada publik rencana untuk membangun jaringan kabel serat optik dibawah laut.

Tujuan pembangunan ini adalah untuk memungkinkan perusahaan mengirimkan data dalam jumlah besar ke seluruh dunia dengan biaya lebih murah. Perusahaan konsorsium akan menyiapkan lima pasang kabel yang kelak dapat ditingkatkan menjadi delapan.

Setiap pasang kabel dapat mengantarkan data 960 Gbps - atau setara dengan 15 juta sambungan telpon pada saat yang bersamaan.

Sistem kabel trans-Pasifik, yang diberi nama Unity, akan dibentangkan sejauh 6200 mil dan diperkirakan menelan biaya sekitar $300 juta. Kabel tersebut memungkinkan Los Angeles dan kota pantai barat lainnya untuk berhubungan dengan kota di Jepang, Chikura.

Jaringan kabel telpon trans-Pasifik yang menghubungkan AS dan Jepang sudah berada di Chikura. Ia berharap bahwa negara Asia lainnya juga dapat terhubung dari akses point di Chikura.

"Sistem kabel Unity memungkinkan anggota konsorsium untuk meningkatkan kapasitas yang dibutuhkan sehubungan dengan peningkatan penggunaan aplikasi dan layanan online," kata pembicara dari Unity, Jayne Stowell.

Selain Google, perusahaan telekomunikasi Sing Tel dan Bharti Airtel yang terletak di Singapura dan India akan bekerja dengan Pacnet, perusahaan asal China yang menjadi spesialis serat optik bawah laut. Google merupakan satu-satunya anggota konsorsium yang tidak memiliki latar belakang telekomunikasi.

Permintaan akan sistem kabel trans-Pasifik terus meningkat sejak 2002, dan diperkirakan akan terus meningkat dari 2008 hingga 2013. maya

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive