multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Beser - Apa Penyebabnya?

beserBolak-balik ke kamar kecil kadang bisa membuat Anda sebal. Apalagi jika kebiasaan ini tak ingat waktu. Datang di tengah malam atau saat Anda sedang ada meeting penting di kantor. Nah, agar julukan 'miss beser' tak lagi diberikan pada Anda. Temukan solusinya di sini:
Apa sebab keinginan buang air kecil menjadi tidak terkontrol?
1. Water Consumption Freak
Terlalu sadar akan pentingnya hidup sehat dan baiknya manfaat air putih membuat Anda terlalu banyak mengkonsumsi air putih. Apalagi jika Anda sedang menjalankan program diet, maka air putih tak bisa terlepas dari kehidupan Anda. Tak ada yang salah dengan kondisi ini, namun Anda harus bisa menerima konsekuensinya, yaitu beser.
2. Zat diuretic
Akibat mengkonsumsi kopi dan teh. Sebab kedua jenis minuman ini mengandung yang mengandung zat ini. Dampaknya Anda akan menjadi sering buang air kecil. Tidak hanya pada kopi dan teh saja tetapi juga di minuman berakohol dan bersoda.
3. Olahraga
Berolahraga membuat Anda banyak bergerak dan melompat, akibatnya kandung kemih di dalam tubuh jadi tertekan sehingga urine terdorong keluar. Ditambah lagi frekuensi mengkonsumsi air minum yang meningkat untuk menghindari dehidrasi yang juga memicu Anda untuk sering buang air kecil.
Lalu bagaimana cara mengatasinya?
1. Menahan Buang Kecil Beberapa Saat
Coba tarik napas dalam-dalam dan buat tubuh Anda sesantai mungkin. Tahan keinginan untuk pipis sekitar 30 menit. Lakukan selama seminggu. Tujuannya untuk melatih organ kandung kemih Anda. Tapi jangan lebih dari waktu yang ditentukan karena bisa merusak kandung kemih.
2. Lakukan Senam Kegel
Senam ini baik sekali untuk mengecangkan otot sekitar vagina agar otot-otot ureter terlatih dengan baik. Dijamin urin akan keluar dengan lancar karena perut bagian bawah menekan kandung kemih.
3. Perhatikan Asupan Makanan dan Minuman
Kurangi minuman yang tidak terlalu perlu seperti minuman isotonic atau minum kopi 2 kali sehari. Asal Anda tahu air yang masuk ke dalam tubuh akan diproses selama 90 menit lalu dikeluarkan kembali dalam bentuk urine dan keringat.
4. Stop Makan dan Minum 2 Jam Sebelum Tidur
Bila Anda sering terbangun tengah malam 2-3 kali untuk pipis, ini dikarenakan kebiasaan minum sebelum tidur

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive